Program Kotak Berkah Padang, berbagi pada sesama lewat nasi kotak

id kotak berkah,gerakan peduli dampak corona,program kotak berkah,Berkah Box Indonesia

Program Kotak Berkah Padang, berbagi pada sesama lewat nasi kotak

Pembagian nasi kotak berkah di Masjid Nurul Iman Padang. (Antara/Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Di tengah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) ada banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk berbagai kepada sesama sebagai wujud kepedulian salah satunya program kotak berkah yang merupakan pembagian nasi kotak lewat masjid dan mushala.

Kotak Berkah Padang adalah gerakan berbagi makanan yang beroperasi di kota Padang. Gerakan ini mengadopsi gerakan Berkah Box Indonesia yang diinisiasi oleh Ustadz Rendy Saputra di Yogyakarta dan Balikpapan, kata Koordinator Program Kotak Berkah Darma Hendra di Padang, Minggu.

Selain dirinya, Tim Kotak Berkah Padang lainnya, yakni Esa Saputra dan Restu Aedriyanda.

Ia menyampaikan hal yang melatarbelakangi gerakan ini adalah wabah COVID-19 menyebabkan banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan sehingga untuk makan saja susah.

"Padahal menghilangkan kelaparan manusia adalah amalan yang dicinta oleh Allah," ujarnya.

Ia menyampaikan Kotak Berkah Padang mendistribusikan makanan berupa nasi kotak setiap Senin sampai Jumat. Di luar Bulan Ramadhan, nasi kotak yang didistribusikan ditujukan untuk makan siang. Sementara di bulan Ramadhan nasi kotak ditujukan untuk makanan berbuka puasa.

Kotak Berkah Padang bekerja sama dengan masjid dan mushalla sebagai titik distribusi nasi kotak. Kemudian, pihak masjid yang membagikan kepada jamaah atau masyarakat yang membutuhkan makanan.

Masjid yang kami ajak kerja sama akan mendapatkan nasi kotak secara terus menerus setiap pekannya tanpa dipungut biaya apapun. Tujuannya untuk membantu menghidupkan fungsi sosial masjid, kata dia.

Ia menyebutkan sudah ada tujuh masjid dan mushala di Kota Padang yang sudah ditunjuk sebagai titik distribusi, yaitu Masjid Al Hikmah Cendana Parak Kopi, Masjid Jihad Perak Padang Barat, Masjid Jihad Kubu Dalam Parak Karakah, Masjid Taqwa Muhammadiyah Pasar Raya.

Berikutnya Masjid Khairu Ummah Padang Basi Lubuk kilangan, Mushalla Nurul Yaqin Parak Kopi dan Masjid agung Nurul Iman padang

Darma menyampaikan hingga saat ini sebanyak 2.700 nasi kota telah dibagikan.

"Semoga ke depan bisa bertambah banyak masjid yang dijadikan sebagai titik distribusi sehingga bertambah banyak orang yang mendapat manfaat dari gerakan ini," kata dia.

Terkait pendanaan Kotak Berkah Padang berasal dari donatur yang sukarela mendonasikan harta. Akad donasi mulai Rp10.000 per kotak nasi atau kelipatannya.

Donatur bebas, bisa dari daerah manapun dan agama apapun karena ini gerakan kemanusiaan. Setiap donatur akan dimasukkan ke dalam grup donatur Kotak Berkah Padang sebagai bentuk transparansi sehingga bisa melihat laporan distribusi Kotak Berkah Padang.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi Dalam gerakan ini, bisa hubungi admin Kotak Berkah Padang Restu dengan nomor kontak +62 852 6317 5647.