Jalan Bukittinggi-Pasaman Barat sudah bisa dilewati pascalongsor

id Longsor,bukittinggi-pasaman

Jalan Bukittinggi-Pasaman Barat sudah bisa dilewati pascalongsor

Pembersihan material longsor. (ANTARA SUMBAR/ist)

Lubuk Basung (ANTARA) - Jalan provinsi yang menghubungkan Kota Bukittinggi menuju Pasaman Barat yang tertimbun longsor di Sungai Taleh, Nagari Baringgin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat sudah bisa dilewati kendaraan setelah satu unit alat berat dikerahkan untuk membersihkan material.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Minggu, mengatakan pembersihan material tanah longsor menggunakan satu alat berat jenis louder milik Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sumbar dan selesai dilakukan pada Sabtu (30/5) sekitar pukul 23.30 WIB.

"Arus lalu lintas sudah kembali normal untuk menghubungkan Bukittinggi menuju Pasaman Barat," katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya arus lalu lintas sempat putus total akibat tanah longsor menimbun badan jalan sepanjang 25 meter dengan ketinggihan satu meter pada pukul 17.20 WIB, akibat curah hujan tinggi melanda daerah itu.

Sebelum alat berat sampai ke lokasi, tambahnya, tim gabungan dari BPBD, Satpol PP Damkar, Polres Agam, Kodim 0304 Agam, pemerintah nagari dan masyarakar sempat membersihkan material dengan cara gotong royong.

Dengan kondisi itu, akses jalan bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat dengan sistem buka tutup.

"Jalan sudah bisa dilewati kendaraan dengan sistim buka tutup pada pukul 20.30 WIB," katanya.

Ia mengakui, jalan provinsi yang mengubungkan Bukuttinggi menuju Pasaman Barat rawan terjadinya bencana tanah longsor saat curah hujan tinggi.

Untuk itu, Lutfi mengimbau pengedara untuk untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah itu dengan cara berhenti di lokasi aman saat hujan.

"Ini harus dilakukan karena tanah sekitar jalan masih labil," katanya. (*)