Anggaran COVID-19 Agam membengkak jadi Rp39,9 miliar

id pandemi covid-19,agam

Anggaran COVID-19 Agam membengkak jadi Rp39,9 miliar

Kepala BKUD Kabupaten Agam, Hendri G (ANTARA/HO)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Pemerintah Kabupten Agam, Sumatera Barat menambah anggaran penanganan wabah Corona Virus Disease (COVID-19) di daerah itu dari Rp12 miliar menjadi Rp39,9 miliar.

Kepala Badan Keuangan Daerah Agam, Hendri G di Lubukbasung, Kamis, mengatakan dana Rp39,9 miliar itu tiga kali dianggarkan, karena sebelumnya telah menganggarkan Rp10 miliar, ditambah Rp2 miliar dan 27,9 miliar.

“Tambahan dana itu dalam menyikapi instruksi bupati dan rencananya dana itu bakal ditambah dengan mengeser APBD Agam tahun anggaran 2020," katanya.

Dana itu untuk menangani dampak ekonomi akibat dampak COVID-19. Dana itu juga digunakan untuk dana bantuan kebutuhan pokok bagi warga terdampak, kesehatan dan lainnya

Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk peningkatan gizi serta insentif para petugas, khususnya jajaran medis dan paramedis di RSUD Lubukbasung dan puskesmas.

“Dokter, perawat dan paramedis garda terdepan untuk berperang menghadapi COVID-19. Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan mereka harus diutamakan," katanya.

Ia menambahkan, dana COVID-19 itu diambil dari belanja perjalanan dinas, honor dan belanja barang jasa.

Namun apabila masih ada penambahan maka APBD tersebut bakal dikurangi ke COVID-19.

"Saat ini dana APBD masih tersedia, karena APBD 2020 sebesar Rp1,4 triliun," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar