Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar Peduli COVID-19

id Bank Nagari,Bank Syariah, covid,corona, sembako, batusangkar

Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar Peduli COVID-19

Pimpinan Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. (ist)

Batusangkar (ANTARA) - Infeksi virus Corona yang disebut Covid-19 menyebar sangat cepat sejak pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk di Indonesia sejak bulan Maret 2020.

Untuk menekan penyebaran virus Covid 19 ini pemerintah telah menegaskan perlunya dilakukan social dan Phisycal Distancing serta diikuti oleh penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) termasuk di Provinsi Sumatera Barat sejak bulan April 2020.

Pendemi Covid 19 ini menyebabkan goyahnya sendi-sendi ekonomi masyarakat, terutama kepada masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah, para pekerja sektor informal, masyarakat dengan penghasilan tidak tetap serta pengusaha kecil dan mikro yang usahanya terpaksa harus dibatasi sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatea Barat.

Menyikapi hal tersebut Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar, sebagai usaha perbankan syariah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum, berkomitmen penuh menunjukkan kepeduliannya terhadap kebutuhan masyarakat terutama dalam menghadapi pandemi Covid 19 apalagi dalam memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 1421H tahun ini.

Kepedulian Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar ini ditunjukkan dengan penyaluran bantuan sembako berupa satu ton beras serta bahan-bahan sembako lainnya kepada masyarakat yang terkena dampak covid 19, baik disalurkan langsung maupun melalui mitra-mitra Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar di Kabupaten Tanah Datar.

Penyerahan bantuan di Bulan Ramadhan 1421 H ini dimulai dengan penyaluran sembako melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar yang ditujukan kepada para penjaga madrasah, penjaga kantor KUA serta security di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar.

Penyaluran sembako juga dilaksanakan melalui Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar yang disalurkan kepada para pegawai honor K3 di lingkungan IAIN Batusangkar.

Penyerahan Bantuan juga dilakukan melalui mesjid-mesjid, Panti Asuhan dan Panti Jompo yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Bantuan berupa beras dan barangbarang sembako lainnya tersebut diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat di bulan Ramadhan tahun ini terutama dalam menghadapi pandemi Covid 19.

Selain itu dalam memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, seperti tahun-tahun sebelumnya Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar melalui sumbangan yang dikumpulkan karyawan-karyawannya setiap hari membagikan takjil dan menu berbuka yang dibagikan setiap sore menjelang berbuka kepada masyarakat yang melewati dan singgah di Kantor Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar juga telah menyiapkan 30 (tiga puluh) paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar Kantor Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar.

Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar juga berkomitmen penuh dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan penyebaran Covid 19 diantaranya dengan melakukan penggalangan dana dengan pembelian masker dengan cara menyumbang minimal Rp1 (satu rupiah) melalui aplikasi Nagari Mobile Banking, nantinya hasil donasi masyarakat melalui pembelian masker akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar juga mendukung kebijakan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan dalam pemberian relaksasi pembayaran angsuran pembiayaan kepada nasabah-nasabah UMKM yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung dari penyebaran Covid 19 ini.

Selanjutnya Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar melalui Pemimpin Cabangnya Ibu Fitri Bahreni menyampaikan harapannya agar Pandemi Covid 19 ini cepat berlalu dan masyarakat dapat kembali menjalankan kehidupan secara normal, dan semoga bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban masyarakat serta menjadi berkah di bulan Ramadhan tahun ini.
Pimpinan Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. (ist)