Disalurkan melalui Pos, belasan ribu keluarga di Padang Pariaman mulai terima BLT Kemensos

id Suhatri Bur, BLT Kemensos, BLT Kemensos padang pariaman,berita padang pariaman,padang pariaman terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Disalurkan melalui Pos, belasan ribu keluarga di Padang Pariaman mulai terima BLT Kemensos

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan dari Kemensos kepada penerima di Kecamatan Lubuk Alung. (Antara Sumbar/istimewa)

Parit Malintang, (ANTARA) - Sebanyak 19.858 keluarga di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mulai hari ini menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang akan disalurkan melalui PT. Pos.

"Mekanisme penyalurannya kami serahkan kepada pihak Pos," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kabupaten Padang Pariaman Syafriwal Alex di Parit Malintang, Rabu.

Ia mengatakan pendataan penerima bantuan tersebut dilakukan oleh pihak nagari yang diketahui oleh pejabat kecamatan lalu diberikan kepada DSP3A Padang Pariaman lalu diteruskan ke Kemensos.

Agar data yang diberikan tidak tumpang tindih maka pihaknya berpesan kepada Pos untuk meminta penerima menyertakan kartu keluarga saat pengambilan bantuan tersebut.

"Soalnya ada warga yang kami temukan tidak berhak menerima bantuan karena keluarganya Aparatur Sipil Negara (ASN), tapi hal itu telah kami sampaikan kepada pihak Pos agar tidak menyerahkan BLT itu," katanya.

Bagi yang ditemukan tidak berhak mendapatkan BLT maka ia meminta untuk tidak menyalurkan bantuan tersebut, kata dia.

Ia menyebutkan adapun pihak yang tidak berhak mendapatkan bantuan tersebut yaitu di antaranya ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN, pekerja dengan gaji UMR tetap.

Ia meminta kesadaran warga yang menerima bantuan tersebut agar apabila keluarganya sudah mendapatkan bantuan maka hendaknya tidak menerima bantuan lainnya.

Ia menyampaikan pihaknya mendahulukan memasukkan data penerima bantuan dari Kemensos karena kuotanya yang besar dan datanya yang tidak bisa diubah.

Ia menyebutkan saat ini bantuan untuk warga terdampak COVID-19 yang sedang dicairkan yaitu dari Kemensos, sedangkan dari provinsi dan APBD Kabupaten Padang Pariaman belum.

Lalu untuk bantuan dari dana desa diserahkan kepada pemerintah nagari masing-masing yang peluncurannya telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur berharap warga menggunakan BLT tersebut untuk menunjang kebutuhan pokok selama pandemi COVID-19.

Ia pun meminta warga untuk menggunakan masker, rutin mencuci tangan dengan sabun, serta tidak berkumpul dalam satu lokasi agar terhindar dari virus itu. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar