Padang Panjang rampungkan penyaluran bantuan untuk 4.350 kepala keluarga

id bansos dampak covid-19,padang panjang,penyaluran bansos padang panjang,pandemi covid-19

Padang Panjang rampungkan penyaluran bantuan untuk 4.350 kepala keluarga

Penyaluran bantuan sosial di Padang Panjang. (ANTARA/HO- Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat telah merampungkan penyaluran bantuan sosial yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) setempat bagi 4.350 kepala keluarga (KK) di daerah itu.

Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Padang Panjang Osman bin Nur di Padang Panjang, Senin, mengatakan bantuan sosial untuk warga terdampak wabah COVID-19 bersumber dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

Penyaluran terakhir bansos dari APBD Padang Panjang dilakukan pada Senin(11/5) untuk warga kelurahan Guguk Malintang sebanyak 344 kepala keluarga.

Bantuan yang bersumber dari APBD Padang Panjang diantarkan langsung ke rumah penerima bantuan bekerja sama dengan Bank Nagari Padang Panjang.

Setiap kepala keluarga diberikan bantuan selama tiga bulan mulai April hingga Juni 2020 dengan jumlah Rp600 ribu setiap bulannya. Saat ini warga sudah menerima bantuan untuk bulan April dan Mei 2020 yakni Rp1,2 juta.

Sementara bantuan sosial yang berasal dari pemerintah provinsi diberikan untuk 705 kepala keluarga penyalurannya melalui PT Pos Indonesia yang juga mengantarkan langsung bantuan ke alamat penerima.

Selanjutnya bantuan yang bersumber dari Kemensos disalurkan untuk 500 kepala keluarga melalui Pos serta perbankan yakni BRI dan BNI.

Warga akan menerima bantuan melalui salah satu dari rekening bank tersebut namun jika tidak memiliki rekening di dua bank itu maka bantuan diserahkan melalui Pos.

"Mekanisme penyaluran bansos ini berbeda-beda. Jika dari pemprov sudah untuk dua bulan, yang dari Kemensos baru untuk satu bulan atau Rp600 ribu," katanya.

Bagi warga yang belum menerima bantuan dan merasa memenuhi kriteria dapat melapor ke kelurahan yang akan menyediakan surat pengantar ke Dinas Sosial Padang Panjang.

Pemerintah setempat juga menyediakan layanan pengaduan terkait penyaluran bansos yang dapat diakses warga melaluihttps://bansos.padangpanjang.go.idatau layanan panggilan melalui nomor 112.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar