Diskominfo Sijunjung edukasi puluhan siswa mengenai internet sehat

id pelajar, siswa, internet positif, internet sehat, sijunjung, sumatera barat

Diskominfo Sijunjung edukasi puluhan siswa mengenai internet sehat

Kadis Kominfo Sijunjung Rizal Efendi memberi arahan kepada puluhan siswa yang mengikuti sosialisasi penggunaan internet sehat di SMAN 10 daerah itu. (ist)

Muaro (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sijunjung mengedukasi sebanyak 75 orang siswa/siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 daerah itu, agar menggunakan internet sehat dan aman.

Kegiatan tersebut diselenggarkan melalui Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Sijunjung, pada 3 Maret 2020 di Sijunjung.

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung Rizal Efendi dalam arahannya mengatakan dengan mengakses informasi mesti berperilaku menggunakan internet sehat.

Apalagi dalam menghadapi Pemilu Tahun 2020 ini, ia mengimbau kepada siswa dan siswi agar bijak dalam mengirim pesan di internet.

Sebab, menjelang pemilu dimana banyak interpretasi yang kadang tidak relevan dengan kepemiluan itu sendiri.

“Sebagai pelajar yang baik, manfaatkan jari kita secara baik dan positif, jangan asal sebarkan suatu berita atau informasi," tambahnya.

Khususnya generasi milenial harus memahami betul informasi yang didapat, harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu baru disebarkan sehingga unsur yang mengandung ketidakbenaran tidak tersebar yang bisa sampai meresahkan masyarakat, tegasnya.

Ia berpesan pandai-pandailah dalam memilah infromasi untuk disebar, karena bisa tersimpan di Sandi Siber Negara.

Rizal juga berharap dengan adanya sosialisasi ini para peserta dapat mengetahui manfaat dari internet dan mengetahui sisi negatifnya, serta dapat mengembangkan potensi melalui adanya internet.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Yulwaren selaku ketua panitia mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak pengguna internet sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penyediaan data informasi yang diperlukan dalam proses belajar mengajar.

“Memberikan pemahaman bagi siswa atau siswi untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan beretika, tidak merusak norma atau kaidah berlaku, katanya.

Selain itu, malalui kegiatan ini dapat edukasi para siswa untuk menggunakan internet secara aktif dan dan bijak untuk ilmu pengetahuan dan menunjang kelancaran proses belajar mengajar.

Adapun Narasumber sosialisasi berasal dari Bapppeda Afdal Yulius, Polres Sijunjung Syafril dan Dinas Satpol PP dan Damkar Edison.