ACT siapkan bantuan pangan dan medis untuk Muslim India

id ACT,muslim korban konflik india,konflik india

ACT siapkan bantuan pangan dan medis untuk Muslim India

ACT memberikan keterangan terkait bantuan yang disiapkan untuk Muslim India, Senin(2/3) di Jakarta. (ANTARA/HO-ACT)

Padang (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyiapkan bantuan pangan dan medis untuk membantu Muslim India yang menjadi korban konflik yang terjadi di New Delhi.

"Dalam pekan ini setidaknya sampai 100 ton logistik pangan akan kami berikan untuk warga Muslim di India,” kata Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin dalam keterangan diterima di Padang, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya sudah mengontak sejumlah lembaga kemanusiaan lain di negara tersebut untuk penyaluran bantuan. Informasi yang diperoleh, sekitar 5.000 kepala keluarga kehilangan rumah akibat kerusuhan yang terjadi sehingga menyebabkan mereka terpaksa mengungsi.

Bantuan yang akan diberikan sesuai dengan peran lembaga tersebut di bidang kemanusiaan yaitu lebih diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan pangan. Di samping itu juga disediakan bantuan medis, dan bantuan pemulihan masjid.

Kerusuhan di India, menurutnya melukai warga dunia sebagai sesama manusia. Sebagai bagian dari warga dunia, ACT mengajak masyarakat menunjukkan keagungan moral, tidak perlu melawan kebencian dengan kebencian namun menyebarkan kasih sayang.

“Kami prihatin, mengutuk keras dan berusaha menghentikan dengan cara yang ma'ruf, dengan cara yang baik. Kami berharap mereka bisa belajar toleransi seperti di Indonesia,” katanya.

Dewan Pembina ACT Syuhelmaidi Syukur mengatakan lembaga tersebut memiliki program Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam (SKDI) yang memfokuskan pada isu-isu kemanusiaan global.

ACT telah memiliki nama data korban meninggal dunia akibat kerusuhan pekan lalu dan telah memetakan konflik yang terjadi serta apa yang dibutuhkan masyarakat terdampak konflik saat ini.

“Saat ini mereka hanya bergantung pada bantuan. Mereka tidak punya tempat tinggal dan membutuhkan pangan. Bantuan yang akan kita berikan pertama kali itu bantuan pokok dan perlengkapan kesehatan,” ujarnya.

Presiden ACT Ibnu Khajar menambahkan pihaknya mendorong para Muslim di dunia untuk mendukung Muslim di India.

Pihaknya segera mengirim relawan yang akan membawa bantuan pangan dan medis. Kehadiran relawan dari Indonesia di sana diharapkannya dapat mengurangi intimidasi yang dilakukan terhadap Muslim di sana.