ACT Sumbar gelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur di IAIN Bukittinggi

id ACT Sumbar,Muslim Uighur ,IAIN Bukittinggi

ACT Sumbar memaparkan kondisi Muslim Uighur di China dalam kegiatan aksi solidaritas yang dilaksanakan di IAIN Bukittinggi, Senin(25/2). (Dokumentasi ACT Sumbar)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat, menggelar aksi solidaritas untuk mengumpulkan bantuan bagi Muslim Uighur yang dilaksanakan di kampus IAIN Bukittinggi, Senin.

Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Wellf di Bukittinggi, Senin, mengatakan aksi solidaritas dilakukan dengan mengenalkan terlebih dahulu kondisi memprihatinkan Muslim Uighur di Xin Jiang, China, kepada para mahasiswa.

"Mereka etnis muslim minoritas di Cina yang dirampas haknya dalam menjalankan keyakinan beragama dan dipaksa meninggalkan ajaran Islam. Banyak yang terpaksa meninggalkan rumah lalu kebanyakan mengungsi ke Turki karena dinilai lebih aman," jelasnya.

Muslim Uighur yang telah mengungsi, ujarnya, memerlukan bantuan berupa makanan, pakaian, kebutuhan sekolah dan lainnya.

"Donasi yang masuk melalui ACT, kami salurkan dalam bentuk kebutuhan harian mereka. Di Turki sudah ada minimarket di mana pengungsi bisa berbelanja menggunakan 'humanity card'," katanya.

Selain aksi solidaritas di tengah mahasiswa, ACT Sumbar juga melakukan penggalangan dana melalui kegiatan lain yang melibatkan massa seperti menggelar konser kemanusiaan dan "roadshow" dengan membawa seorang pengungsi Uighur untuk menceritakan kondisi di tempat asalnya.

Menurutnya dari kegiatan itu, diutamakan agar masyarakat yang tidak tahu menjadi tahu sehingga tergugah untuk ikut memberikan bantuan.

"Dalam urusan kemanusiaan kita tidak bisa jalan sendiri, harus bersama-sama. Di IAIN Bukittinggi, mahasiswa kami harapkan juga bisa menggalang aksi solidaritas di lingkungannya," katanya.

Bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan bagi Muslim Uighur, dapat disalurkan melalui rekening BNI Syariah 66 000 44001 atas nama Aksi Cepat Tanggap.

Bantuan juga dapat disampaikan langsung melalui kantor ACT Sumbar yang berlokasi di Jalan S Parman nomor 170C, Ulak Karang Selatan, Padang. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar