Bawaslu dan Pramuka Kwarcab Kota Solok bentuk Saka Adhyasta Pemilu

id bawaslu solok,Saka Adhyasta Pemilu,pramuka

Bawaslu dan Pramuka Kwarcab Kota Solok bentuk Saka Adhyasta Pemilu

Bawaslu dan dan Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok mengadakan pertemuan untuk membentuk Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta pemilu. (ANTARA/HO)

Solok (ANTARA) - Bawaslu Kota Solok dan Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok mengadakan pertemuan untuk membentuk Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta pemilu. Bawaslu Kota Solok menjalin kerja sama dengan Pramuka untuk pembentukan Satuan Karya Pramuka dibawah asuhan Bawaslu yaitu Saka Adhyasta pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati di Solok, Rabu menyebutkan saat ini gerakan Pramuka memang tepat dalam pembinaan generasi muda dan orang dewasa menjadi kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, menjunjung nilai–nilai luhur bangsa.

Selain itu, generasi pramuka akan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI serta mengamalkan pancasila.

"Karena pramuka dapat dipercaya dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu serta pendidikan pemilih dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu yang merupakan tugas kita bersama dan semua pihak," ujarnya.

Menurutnya kerja sama pengawasan partisipatif dengan Pramuka ini memang dilakukan dari tingkat pusat.

Dengan begitu, Bawaslu Kabupaten juga melakukan hal yang sama yakni bekerja sama dengan Pramuka dengan membentuk Saka Adhyasta Pemilu.

"Ini adalah sebuah ruang ekspresi bagi masyarakat, dalam segala bentuk pengawasan pemilu," ujarnya.

Bawaslu memberikan ilmu dalam bidang kepengawasan kepemiluan bagi anggota Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif dan berguna, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk masyarakat, meningkatkan partisipasi pemuda dan masyarakat dalam pengawasan pemilu.

Menurutnya ikutnya anggota pramuka dalam menciptakan pemilu yang umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, juga menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu dan memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu.

Nantinya diadakan pelantikan anggota sehingga bisa diaplikasikan pada Pilkada Kota Solok 2020.

Pertemuan yang dihadiri langsung oleh Kepala Kwarcab Reinier, didiampingi oleh Waka Bina Muda Ali Musber, Waka Bina Wasa Iskandar serta Sekretaris cabang Anasrul dan Ketua Bawaslu Kota Solok Triati bersama Rafiqul Amin.