UNP gelar pemilihan rektor, calon bisa dari luar kampus

id Unp pemilihan rektor, kampus, sumatera barat

UNP gelar pemilihan rektor, calon bisa dari luar kampus

Jajaran Senat UNP dan panitia pelaksanan pemilihan rektor saat memberikan keterangan terkakit pemilihan rektor UNP periode 2020 sampai 2024  Attachments area. (Ist)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar pemilihan rektor periode 2020 sampai 2024.

Ketua Senat Akademik UNP, Prof.Dr. Z. Mawardi Effendi di Padang, Minggu menyampaikan masa jabatan Rektor UNP periode 2016 sampai 2020 yang saat ini dijabat Prof. Ganefri akan berakhir pada 19 Juli 2020.

"Sesuai Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti), proses pemilihan rektor harus dilakukan paling lambat lima bulan sebelum berakhirnya jabatan rektor," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bakal calon rektor UNP terbuka bagi siapa saja dari seluruh Indonesia sepanjang memenuhi persyaratan yang berlaku.

Ia menyebutkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pemilihan rektor yang dimulai pada 23 Januari 2020 lalu, selain itu masih ada tiga tahapan lainnya yang harus dilaksanakan yakni penyaringan, pemilihan dan pengangkatan oleh menteri.

Mawardi Effendi juga menambahkan, semua persyaratan dan teknis kegiatan pemilihan dapat diunduh dilaman website universitas www.unp.ac.id. dilaman tersebut bakal calon juga bisa melihat jadwal dan tahapan yang akan dilalui.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Syahril mengatakan pendaftaran dan penerimaan berkas bakal calon paling lambat diterima panitia pada 10 Februari 2020 pukul 14.00 WIB, selanjutnya panitia akan melakukan verifikasi.

"Semua persyaratan dan form bakal calon tinggal mengunduh dan mengisi saja lewat website. Minimal ada empat bakal calon yang mendaftar, jika tidak pendaftaran akan kembali kami perpanjang," katanya.

Ia mengungkapkan, sampai sejauh ini belum ada bakal calon yang mendaftarkan diri ke panitia. namun demikian ia meyakini beberapa fakultas di universitas tersebut sudah menyiapkan calon yang diusungnya dalam pemilihan.