TdS etape V Payakumbuh diramaikan Pacu Itik dan dihibur artis Minang

id TdS 2019 di Payakumbuh,Tds 2019,berita payakumbuh,payakumbuh terkini,berita sumbar,sumbar terkini

TdS etape V Payakumbuh diramaikan Pacu Itik dan dihibur artis Minang

TdS 2019 di Payakumbuh. (Antara Sumbar/ syafri ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Tour de Singkarak 2019 etape V di Payakumbuh diramaikan pergelaran pacu Itik dan dihibur artis Minang Kintani Putri Medya di Ngalau Indah.

"Etape V star di depan kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh di kawasan Ngalau Indah dan mengelilingi sejumlah ruas jalan dalam kota," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Elfriza Zuharman di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan sebelum star, pebalap disuguhkan berbagai atraksi dan hiburan tradisional Kota Payakumbuh seperti tari-tarian, Pacu Itiak dan penampilan artis Minang Kintani.

"Pembukaan etape V, ada penampilan marching band juga," ujarnya.

Ia mengatakan lebih kurang ada sekitar 30 kilometer ruas jalan di dalam kota yang bakal dilintasi ratusan pebalap tersebut.

Pembalap mengelilingi sejumlah ruas jalan dalam kota dengan rute dari kawasan Ngalau menuju arah Koto Nan 4 (Jalan Soekarno Hatta) berbelok ke jalan By Pass Utara.

Kemudian, rombongan melewati SPBU Parik Muko Aia di Lampasi, berbelok di depan Rumah Dinas Ketua DPRD Payakumbuh menuju Simpang Parik dan berbelok menuju Taratak, Talawi, Balai Batuang dan keluar di Simpang 4 Tanjung Anau.

Dari sana, pebalap melanjutkan ke arah jalan Sudirman melewati Nankodok, Kaniang Bukik, Muaro, Balai Cacang, Balai Gadang dan sampai Simpang Benteng.

Kemudian, belok ke jalan Ade Irma Suryani menuju RSUD Adnan WD dan sampai ke Stadion Kubu Gadang melewati KPU, Bawaslu serta Kantor Dinas PU.

Sampai sana, pebalap berbelok menuju Labuah Basilang melewati Rumah Dinas wali kota.

Sampai di simpang 4 Labuah Basilang, pebalap berbelok menuju Pasar Ibuh melewati jembatan Ratapan Ibudan lurus sampai ke tugu Adipura dipusat kota.

Dari tugu Adipura, pebalap belok ke arah Koto Nan 4 (jalan Soekarno-Hatta) dan lurus sampai ke batas kota di Piladang untuk lanjutkan balapan ke garis finis di kawasan Ambun Pagi, Kabupaten Agam.

Untuk pengamanan selama di Kota Payakumbuh, setidaknya 355 tim gabungan dikerahkan demi suksesnya TdS etape V tersebut.

"Terdiri dari 280 personil Polri, 25 prajurit TNI, 25 petugas Dinas Perhubungan dan 25 anggota Satpol PP," ujarnya. (*)