Race Director Memuji, Pengamanan TdS 2019 Dinilai Excellent

id Tds2019

Race Director Memuji, Pengamanan TdS 2019 Dinilai Excellent

Pemenang etape VIII, Jamalidin Novardianto. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Race Director TdS 2019 Jamaluddin Mahmood mengapresiasi pelaksanaan TdS 2019 yang berjalan aman dan sukses, salah satunya karena pengamanan dari Polda Sumbar yang luar biasa.

"Secara umum TdS 2019 berjalan sukses. Kami dari jajaran Race Director mengapresiasi kerja sama semua pihak dalam pelaksanaan balapan sepeda bergengsi di Sumbar ini," katanya dihubungi dari Padang, Selasa.

Ia menilai keberhasilan TdS 2019 tidak terlepas dari kerja sama pengamanan dan pengendalian lapangan oleh petugas kepolisian dari Polda Sumbar.

Pengamanan di jalur balapan patut diacungi jempol. Tidak saja di persimpangan, jajaran Polda Sumbar terlihat menempatkan anggota pada jarak tertentu untuk mengawal balapan.

"Secara keseluruhan dari TdS dalam hal keamanan sangat luar biasa. Bahkan pengaman TdS yang dilakukan petugas kepolisian Polda Sumbar mendapatkan predikat excellent dari wasit internasional," ungkapnya.

Kepala Biro Operasi Polda Sumbar sekaligus Kepala Perencanaan dan Pengendalian TdS 2019, Kombes Pol Firly RS mengatakan kesuksesan TdS 2019 merupakan hasil kerja sama yang solid dari seluruh anggota kepolisian dan pihak terkait lainnya di seluruh etape.

”Di internal kepolisian, sejak awal kami sudah mempersiapkan secara matang mengenai pengamanan agenda TdS 2019 ini. Termasuk salah satunya penyediaan kendaraan sepeda motor berstandar yang dipakai marshall dalam balapan,” katanya.

Hal yang sangat diapresiasi dalam perencanaan dan pengendalian keamanan selama TdS 2019 yakni adanya persiapan pengamanan TdS melalui video conference ke seluruh kabupaten dan kota yang dilalui peserta TdS 2019. "Jadi dalam video conference tersebut seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) masing-masing daerah bisa saling bertanya tentang kesiapan daerah mereka sehingga tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk TdS 2019," ungkapnya.

Dirinya bersyukur, perencanaan dan pengamanan selama TdS 2019 mendapatkan apresiasi luar biasa dari wasit internasional TdS 2019. Kombes Pol Firly RS selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian, Wakil Direktur Binmas AKBP Andri Sy selaku Kakorlap, dan Kasat PJR Polda Sumbar AKBP Yudi selaku Kepala Panwal TdS mendapatkan predikat excellent dari wasit internasional tersebut.

Sementara itu Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbar, Hendri Agung mengatakan, berdasarkan evaluasi berbagai pihak, penyelenggaraan TdS 2019 berjalan sukses dan tanpa adanya insiden yang serius. Ia pun mengapresiasi kinerja dari berbagai pihak termasuk pihak kepolisian yang telah berkerja keras dalam pengamanan dan pengendalian situasi selama TdS 2019 berlangsung.

"Kami dari Pemprov Sumbar berterima kasih kepada Kombes Pol Firly RS selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian, Wakil Direktur Binmas AKBP Andri Sy selaku Kakorlap, dan Kasat PJR Polda Sumbar, AKBP Yudi selaku Kepala Panwal TdS yang telah ikut menyukseskan TdS 2019," ujarnya.

Bahkan Agung mengungkapkan, pelaksanaan TdS 2019 khususnya pada sektor keamanan mendapatkan apresiasi dari wasit internasional TdS 2019 dengan predikat excellent atau luar biasa. ”Ini juga suatu kebanggaan dan pemicu bagi kami untuk lebih bekerja keras menyukseskan TdS 2020,” pungkasnya.(*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar