BPBD Agam sediakan dua alat berat antisipasi longsor di jalur Tour de Singkarak

id bersihkan pohon tumbang ,agam,agam terkini,sumbar terkini,Tds 2019,jadwal Tds 2019,rute tds 2019,etape tds 2019,bpbd agam

BPBD Agam sediakan dua alat berat antisipasi longsor di jalur Tour de Singkarak

Satgas BPBD Kabupaten Agam sedang membersihkan pohon tumbang di Kelok 44. (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - BPBD Agam sediakan alat berat antisipasi longsor saat TdS

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyediakan dua alat berat di daerah rawan bencana longsor saat pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2019.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Syafrizal di Lubukbasung, Kamis, mengatakan alat berat itu disiapkan di Kelok 44 dan Palupuh.

"Kelok 44 dan Palupuh itu merupakan daerah rawan longsor saat curah hujan tinggi melanda daerah itu," katanya.

Alat berat itu jenis backhoe loader dan ekskavator milik Kementerian Pekerjaan Umun, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam.

Alat berat itu untuk membersihkan material longsor apabila bencana terjadi sebelum pebalap melalui daerah itu.

"Dengan cara itu pebalap tidak tergganggu saat melewati daerah tersebut," katanya.

Selain menurunkan alat berat, tambahnya, BPBD setempat juga menyiapkan Satgas, Tim Reaksi Cepat dan mesin pemotong kayu untuk membersihkan pohon tumbang.

Namun BPBD telah melakukan antisipasi pohon tumbang dengan menurunkan tim untuk memotong kayu yang berpotensi tumbanh di sepanjang jalan yang dilalui.

Ia menambahkan, Agam masuk pada etape II, III dan V TdS 2019. Etape II dengan start di kantor Bupati Pasaman melalui Kecamatan Palupuh, Tilatangkamang dan finis di Jam Gadang Kota Bukittinggi pada Kamis (3/11).

Etape III dengan start di Lembah Harau Kabupaten Limapuluh Kota melalui Kecamatan Baso, Canduang, Ampekangkek, Sungaipua dan finis di Padang Panjang pada Jumat (4/11)

Sementara etape V dengan start di Payakumbuh melalui Kecamatan Baso, Canduang, Ampekangkek, Banuhampu, Padang Pariaman, Tanjungmutiara, Lubukbasung, Tanjungraya, Matur dan finis di Ambun Pagi Kabupaten Agam pada Rabu (6/11).

"Agam daerah paling banyak dilalui pebalap TdS 2019 dan kita telah melakukan persiapan agar pelaksanaan berjalan dengan baik," katanya. (*)