CSR Pertamina gandeng Rumah Harum Atsiri berdayakan Petani Atsiri di Sumbar

id berita padang, berita sumbar, minyak atsiri, csr pertamina

CSR Pertamina gandeng Rumah Harum Atsiri berdayakan Petani Atsiri di Sumbar

Sosialisasi Program CSR PT Pertamina sebagai upaya memberdayakan petani atsiri di Sumatera Barat. (Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Rumah Harum Atsiri menginisiasi sosialisasi Program CSR PT Pertamina sebagai upaya memberdayakan petani atsiri di Sumatera Barat.

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR I Sumatera Roby Herfindo melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar menyampaikan program CSR Pertamina yang berusaha menjaring sekaligus membantu usaha masyarakat berbasis UKM, terutama yang tidak bisa menjalin kerja sama dengan pihak bank.

"Pertamina terpanggil untuk ikut serta dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program CSR," kata dia.

Ia menyampaikan program CSR Pertamina termasuk salah satu yang ditunggu masyarakat termasuk pinjaman slunak yang tidak memberatkan masyarakat dari sisi administrasi maupun dari sisi pinjaman.

Roby juga menyampaikan jalinan CSR Pertamina selama ini bekerja sama dengan Rumah Harum Atsiri yang bergerak dibidang produksi minyak atsiri khususnya produksi minyak sereh wangi, nilam, dan cengkeh yang sudah tersebar di beberapa kota/kabupaten di Sumbar.


Propinsi Sumatera Barat yang merupakan salah satu daerah yang mempunyai potensi agribisnis khususnya minyak atsiri sehingga memerlukan dukungan yang berkesinambungan dari pihak yang berkompeten, termasuk pemerintah propinsi maupun kota dan kabupaten.

Dengan demikian tercipta iklim yang kondusif bagi para petani khususnya yang bergerak di dunia minyak atsiri mengingat kebutuhan minyak atsiri dunia dalam 10 tahun ke depan masih tinggi.

Sementara Direktur Utama Rumah Harum Atsiri Topan mengharapkan peran petani khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan dan umumnya di Sumatera Barat agar ikut proaktif menjalin kerja sama dengan para pihak dalam rangka menggairahkan kembali semangat pegiat minyak atsiri di daerah masing- masing.

Asisten III Pesisir Selatan Wendi menyampaikan perlunya akses yg bisa diterima masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Pesisir Selatan, dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program CSR dari BUMN.

"Dengan demikian ada sinergi yang baik, yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar