Pemkot Solok adakan UKW tingkatkan kualitas wartawan daerah

id Ujian Kompetensi Wartawan,Berita Solok

Pemkot Solok adakan UKW tingkatkan kualitas wartawan daerah

Kepala Bagian (Kabag) Humas Kota Solok, Nurzal Gustim memberikan arahan pada penutupan UKW, Kamis. (Antara/ Tri Asmaini)

Solok,  (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat mengadakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) untuk meningkatkan kualitas wartawan di daerah setempat.

"Alhamdulillah, UKW yang kami fasilitasi dapat diikuti 21 wartawan daerah dengan baik hingga selesai hari ini," kata Kabag Humas, Nurzal Gustim di Solok, Kamis.

Ia mengatakan pelaksanaan UKW ini karena sebelumnya wartawan memohon untuk difasilitasi agar bisa diikutkan UKW.

"Karena wartawan bagian dari mitra pemerintah, kami berusaha mencari dasar dan cara untuk membantu memfasilitasi wartawan di sini," sebutnya.

Nurzal berharap dilaksanakannya UKW ini dapat menjadikan wartawan di Kota Solok meningkat kualitasnya dan membantu publikasi daerah dengan karya tulis yang menarik.

Sementara Ketua PWI Sumbar, Heranof mengatakan pihaknya berharap dengan UKW, wartawan di Kota Solok dapat meningkatkan kualitas mereka dalam bekerja.

"Saya harap UKW ini dapat menjadi tolak ukur bagi teman-teman wartawan untuk lebih belajar dan berlatih lagi agar menjadi wartawan yang mandiri dan independen.

PWI Sumbar, menurutnya, sangat mengapresiasi Pemkot Solok dan berterima kasih dengan bantuan Pemkot Solok yang telah menjembatani wartawan dalam ikut UKW ini.

Perwakilan tim penguji dari Dewan Pers, Nurcholis mengatakan wartawan merupakan pilar keempat dalam mengawasi jalannya pemerintah dan berbagai kebijakan lainnya.

"Jadi, pentingnya wartawan daerah menguasai tentang jurnalistik dan hal-hal yang terkait wartawan seperti Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU Pers," ujarnya.

Menurutnya, saat ini telah ada sekitar 11.520 wartawan telah lulus UKW dari sekitar 400 lebih penyelenggaraan UKW.

"Terima kasih atas kerja samanya Pemkot Solok dan PWI Sumbar yang telah mengundang kami untuk melaksanakan UKW di Kota Solok. Semoga wartawan disini meningkatkan marwah profesinya dan semakin disegani karena berkualitas," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar