Pemkot Solok akan fasilitasi wartawan ikuti UKW 2019

id Ujian Kompetensi Wartawan,Humas Pemkot Solok

Pemkot Solok akan fasilitasi wartawan ikuti UKW 2019

Kepala Bagian Humas Kota Solok, Nurzal Gustim. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat akan mengupayakan memfasilitasi wartawan daerah itu untuk mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) pada 2019 dalam meningkatkan kompetensi mereka.

"Ini bentuk kerja sama karena media sebagai mitra humas Pemda Solok telah membantu publikasi daerah. Kami akan usahakan pers yang aktif dapat difasilitasi UKW," kata Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) setempat Nurzal Gustim di Solok, Kamis.

Ia mengatakan bentuk fasilitas yang akan diberikan pemerintah setempat mulai dari akomodasi dan pembayaran biaya UKW.

Menurutnya, setiap tahun Bagian Humas juga selalu mengadakan kegiatan dan program positif untuk membantu meningkatkan kualitas rekan media massa setempat, seperti pada Maret 2018 wartawan mengikuti observasi lapangan ke Yogyakarta.

Sebab, majunya Kota Solok tidak lepas dari bantuan pemberitaan rekan-rekan media. Media massa sebagai pengawas dan pemberi masukan kebijakan pemerintah.

"Jadi, bentuk apresiasi kami dengan membantu rekan-rekan agar dapat mengikuti UKW, sebab dengan meningkatnya kualitas wartawan akan memberikan publikasi yang baik bagi pemda," katanya.

Pihaknya, merencanakan untuk memfasilitasi UKW wartawan setelah mendengar usulan dari berbagai pihak, dan menimbang banyaknya wartawan yang tidak bisa mengikuti UKW karena keterbatasan biaya.

Menurutnya, wartawan yang berminat untuk mengikuti UKW harus mengajukan surat permohonan ke Bagian Humas, dan memang memiliki surat tugas penempatan di Kota Solok, dan telah bertugas di Solok menimal satu tahun.

Ia berharap upaya Humas untuk mewujudkan harapan rekan wartawan mengikuti UKW dapat terealisasi dengan baik, dan berdampak pada meningkat dan berkualitasnya publikasi Kota Solok. (*)