Bupati Pesisir Selatan Gelar Kejuaraan Balap Sepeda Motor

id Balapan

Bupati Pesisir Selatan Gelar Kejuaraan Balap Sepeda Motor

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama dengan ketua pelaksana kejuaraan Dandim 0311/Pesisir Selatan, Open Road Race Championship 2019, James Alexander. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni pada 2020 berencana menggelar kejuaraan balap sepeda motor di daerah setempat usai menyaksikan tingginya animo peserta dan penonton pada kejuaraan Dandim 0311/Pesisir Selatan, Open Road Race Championship 2019, Minggu.

"Meski dilaksanakan di sirkuit non permanen GOR Ilyas Yakub, Painan, namun animonya luar biasa. Karena itu tahun depan kegiatan ini akan kembali digelar," kata dia disela-sela kegiatan tersebut di Painan.

Ia menambahkan perihal hadiah yang akan disiapkan, pihaknya memastikan akan dua kali lipat lebih besar dibanding dengan kejuaraan saat ini.

"Saya kurang tahu berapa dan apa bentuk hadiah yang didapat oleh pemenang pada ajang ini, namun yang pasti pada kejuaraan tahun depan hadiahnya akan dua kali lipat," katanya lagi.

Ia menilai ajang balap sepeda motor baik bagi generasi muda yang tertarik dengan bidang itu, dan diharapkan dengan adanya kegiatan yang resmi mereka tidak lagi melakukannya secara liar.

"Kalau balap liar ruginya banyak, mulai dari mengganggu penggunan jalan, berbahaya bagi keselamatan si pengendara dan lainnya," kata dia.

Selain itu dengan adanya ajang tersebut, ia yakin akan mampu meminimalkan kenakalan remaja seperti penyalagunaan narkoba, judi dan lain sebagainya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Balapan, James Alexander menyebutkan peserta pada kejuaraan Dandim 0311/Pesisir Selatan, Open Road Race Championship 2019 tidak hanya berasal dari kabupaten / kota di Sumatera Barat namun juga ada yang dari Bengkulu, Riau dan Jambi.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun TNI di kabupaten yang berjuluk negeri sejuta pesona itu.

"Total terdapat 283 pebalap yang berpartisipasi mereka bertanding di kelas MP1 exspert, MP3 novice, MP5 rookie, bebek 2 tak standar 120cc terbuka, matic 130cc standar terbuka, matic 115cc standar pemula terbuka dan lain-lain," imbuhnya.(*)