ACT buka "crisis center" bantu penanganan dampak kerusuhan di Papua

id ACT,kerusuhan Wamena,Crisis Centre Korban Wamena,ACT Sumbar,Berita Sumbar,Zeng Wellf ,Berita Padang,Berita Wamena,Perantau Minang di Wamena

ACT buka "crisis center" bantu penanganan dampak kerusuhan di Papua

Kepala ACT Sumbar Zeng Wellf.

Padang (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Sumatera Barat membuka "crisis center" yang menyediakaan informasi terkini mengenai dampak dari kerusuhan yang terjadi di Wamena pada Senin(23/9).

"Crisis center akan menjadi pusat data dari ACT mengenai dampak dari konflik di sana dan bagaimana penanganan serta kondisi terbaru." kata Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Wellf di Padang, Selasa.

Crisis centeri dibuka di kantor ACT Sumbar di Jalan S Parman 170 C Ulak Karang Selatan Padang dengan nomor telepon 0751-8971974 dan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman.

Baca juga: BAZNAS Sumbar sudah antarkan Rp200 juta bantuan untuk perantau Minang di Wamena

Pembaruan informasi di crisis center dilakukan setiap pagi dan sore hari. Informasi tersebut bersumber dari Masyarakat Relawan Indonesia-ACT (MRI-ACT) yang sudah berada di Papua.

Informasi yang diberikan seperti jumlah korban, pengungsi, kebutuhan pengungsi hingga eksodus yang terjadi diharapkan bisa menjadi rujukan bagi pemangku kepentingan untuk menentukan langkah penanganan.

"Saat ini tim ACT sudah ada yang berada di Sentani, kami terima informasi juga sudah ada yang akan menuju Wamena. Mereka juga akan membantu memberikan informasi terbaru mengenai keadaan di sana," jelasnya.

Selain memberikan informasi terbaru, layanan tersebut juga sebagai pusat pengaduan orang hilang akibat konflik kemanusiaan di Wamena.

Baca juga: Bupati ajak warga Pasaman Barat bantu perantau Minang di Wamena

Bagi keluarga yang merasa kehilangan keluarga atau kesulitan mengontak keluarga yang merantau ke Wamena dapat menghubungi crisis center ACT Sumbar.

Sementara bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan untuk warga yang mengungsi akibat konflik di Wamena, ACT juga menggalang bantuan dan sudah dilakukan sejak Selasa(24/9).

Donasi dari masyarakat dapat disampaikan melalui rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap di Bank BNI Syariah 8660 2910 1909 0173, Bank Mandiri 127 000 77 21242, dan Bank Nagari Syariah 71000 2202 9999 8.

Donasi juga dapat disampaikan langsung ke kantor ACT Sumbar di Padang atau di kantor cabang Bukittinggi yang berlokasi di Jalan Raya Bukittinggi-Kapeh Panji Jambu Air nomor 81, Banuhampu, Agam.

Baca juga: ACT Sumbar akan bantu pemulangan perantau Minang dari Wamena