Hasil panen jeruk meningkat, inovasi pupuk NPK Petro Nitrat dari Petrokimia Gresik

id Petrokimia Gresik panen jeruk siam madu ,Petrokimia Gresik inovasi produk ,pupuk NPK Petro Nitrat,Petrokimia Gresik

Hasil panen jeruk meningkat, inovasi pupuk NPK Petro Nitrat dari Petrokimia Gresik

Ki-ka - Kepala Dinas Pertanian Kab. Karo, Munarta Ginting_ GM Pabrik II Petrokimia Gresik (PG), Bachronsyah_ Wakil Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut, Ir. Akmal, M.Si, Sekda Kab Karo, D pada kegiatan panen jeruk yang dilakukan di Desa Kubu Colia, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (12/9/2019) (istimewa)

Surabaya, (ANTARA) - PT Petrokimia Gresik (PG) melakukan panen bersama budi daya jeruk siam madu hasil inovasi pupuk NPK Petro Nitrat, yang merupakan bagian dari solusi agroindustri untuk meningkatkan hasil pertanian di Indonesia.

Direktur Pemasaran (Dirsar) PG, Meinu Sadariyo dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Kamis mengatakan panen jeruk yang dilakukan di Desa Kubu Colia, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara merupakan sarana perusahaan untuk memperkenalkan produk inovasi pupuk NPK Petro Nitrat kepada petani.

"Produk ini telah kami uji demplot (demonstration plot) di berbagai lokasi di Indonesia, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak independen, khususnya Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di beberapa provinsi. Hasilnya, ada peningkatan hasil panen secara nyata pada tanaman," katanya.

Khusus untuk panen jeruk di Kabupaten Karo, kata dia, merupakan hasil kerja sama Petrokimia Gresik dengan BPTP Provinsi Sumatera Utara, dengan penerapan menggunakan aplikasi NPK Petro Nitrat sebanyak 115 kilogram (kg) untuk tiap hektare (ha), kemudian pupuk ZK sebanyak 7 kg per hektare dan Petroganik seberat 414 kg per hektare.

Baca juga: Agam Kembangkan Jeruk Siam Di Tujuh Kecamatan

"Penerapan aplikasi ini mampu meningkatkan hasil panen jeruk hingga sebesar 60 kg per pohon dalam setahun dibandingkan dengan hasil kebiasaan petani," katanya.

Dengan adanya bukti keberhasilan panen ini, Meinu berharap agar petani di wilayah Kabupaten Karo menduplikasi teknologi pemupukan berimbang Petrokimia Gresik, sehingga mendapat hasil panen yang melimpah.

Kabupaten Karo merupakan salah satu sentra hortikultura di Sumatera Utara, dengan kondisi alam yang subur menjadikan wilayah ini sangat cocok untuk berbagai komoditas pertanian hortikultura.

Sementara itu, dipilihnya Kabupaten Karo sebagai lokasi demplotpupuk NPK Petro Nitrat adalah bentuk kepedulian perseroan untuk pembangunan pertanian di Kabupaten Karo.

"Kami akan terus melakukan inovasi untuk menciptakan produk yang dibutuhkan petani, mulai dari menciptakan pupuk organik yang bermanfaat dalam kesuburan tanah (Petroganik), pupuk anorganik berkualitas tinggi (Pupuk Phonska Plus), serta menciptakan varietas benih unggul, penyeimbang pH tanah (Kaptan), bio dekomposer (Gladiator Cair), pupuk hayati dan lain sebagainya," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar