Agam Kembangkan Jeruk Siam Di Tujuh Kecamatan

id Agam Kembangkan Jeruk Siam Di Tujuh Kecamatan

Agam Kembangkan Jeruk Siam Di Tujuh Kecamatan

Jeruk. (antarasumbar) ( )

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengembangkan tanaman jeruk siam seluas 75 hektare di tujuh kecamatan di daerah ini pada 2016.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan Kabupaten Agam, Afdhal di Lubuk Basung, Sabtu mengatakan ketujuh kecamatan itu, yakni Kecamatan Matur, Kamang Magek, Tilatang Kamang, Candung, Baso, Ampek Angkek, dan Palupuh.

"Ketujuh kecamatan ini sangat cocok untuk budi daya jeruk jenis siam Gunung Ameh dari Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota," katanya.

Ia menambahka, dana untuk pengembangan jeruk berasal dari pengadaan sarana produksi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan jumlah sebesar Rp1,57 miliar.

Satu hektare lahan dibantu sebesar Rp21 juta dan bantuan ini berupa bibit, pupuk, dan lainnya.

"Bantuan ini kita serahkan kepada kelompok tani yang ada di tujuh kecamatan itu," katanya.

Saat ini, katanya, dalam proses pengadaaan bibit, pupuk, dan lainnya di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan berharap tender selesai dalam waktu dekat.

Sejak tahun 2009 sampai 2016, tambahnya, pemerintah setempat telah mengembangkan jeruk ini seluas 500 hektare milik 150 kelompok tani dan hasilnya telah mulai dinikmati oleh petani.

Dengan cara ini, maka petani akan sejahtera dan Agam menjadi daerah sentral jeruk di Sumbar nantinya.

Sementara itu, anggota DPRD Agam Jondra Marja mengapresiasi pemerintah untuk mengembangkan jeruk ini di Agam.

Namun program ini terus diawasi dan dibina sehingga tujuan dari pengembangan jeruk untuk meningkatkan kesejahteraan akan tercapai nantinya.

"Ini harapan saya kepada dinas terkait agar program ini sangat dirasakan petani," katanya.