Kemarau landa Dharmasraya, BPBD distribusikan air ke daerah terdampakkekeringan

id BPBD Dharmasraya,dharmasraya kekeringan,berita dharmasraya,berita sumbar

Kemarau landa Dharmasraya, BPBD distribusikan air ke daerah terdampakkekeringan

Petugas BPBD Dharmasraya mendistribusikan air bersih ke masyarakat di Jorong Tarantang Nagari Sialang Gaung, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, Rabu (11/9). (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mendistribusikan bantuan air bersih ke masyarakat di wilayah terdampak kekeringan karena musim kemarau.

"BPBD menyalurkan bantaun air bersih secara gratis, hari ini masyarakat di Kecamatan Timpeh meminta kiriman karena sumur mengalami kekeringan," kata Kepala BPBD Dharmasraya, Eldison di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan daerah terdampak kekeringan yang sudah dibantu air bersih diantaranya Nagari (Desa Adat) Sialang Gaung dan Nagari Koto Baru Kecamatan Koto Baru.

BPBD Dharmasraya pada hari ini juga menerima pemberitahuan dari masyarakat di Kecamatan Timpeh bahwa di wilayah itu juga terjadi kekeringan, lanjut dia.

"Sekitar 13 jorong atau dusun di Kecamatan Timpeh juga melaporkan kekeringan hari ini, petugas sudah meluncur ke lokasi," katanya.

Menurut dia secara garis besar wilayah di Kabupaten Dharmasraya berpotensi mengalami kekeringan karena tidak didukung tanah yang dominan.

"Dari 11 kecamatan, kecuali kecamatan Pulau Punjung yang tidak kekeringan karena sebagian masyarakat sudah memiliki sumur bor dan suplai dari PDAM," kata dia.

BPBD Dharmasraya mengimbau kepada masyarakat agar memberitahukan wilayah yang terdampak kekeringan agar segera mendapatkan pengiriman bantuan, kata dia.

"Silahkan ajukan surat permintaan air bersih ke BPBD oleh Nagari, dan kami segera penuhi permintaan itu," tambah dia. (*)