Dua nama diusulkan Nasdem untuk maju Pilkada Dharmasraya 2020

id Nasdem Dharmaraya,Pilkada 2020,Pilkada serentak

Dua nama diusulkan Nasdem untuk maju Pilkada Dharmasraya 2020

Ketua DPD Hengki Purnanda. (Dok. Pribadi)

Pulau Punjung (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) telah mengusulkan dua nama ke Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Nasdem Sumbar sebagai bakal calon bupati pada Pilkada 2020.

"Ada dua nama yang secara administrasi sudah kami ajukan ke DPP melalui DPW yaitu, Ketua DPD Hengki Purnanda dan Anggota Fraksi Ampera Dt Labuan Basa," kata Ketua DPD Nasdem Dharmasraya, Hengki Purnanda di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan pengajuan tersebut disampaikan pada Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Nasdem Sumbar yang di digelar di Padang Sabtu (31/8).

Pengusulan nama dalam Rakorwil merupakan bentuk keseriusan sekaligus mengkonfirmasi kepadanya pengurus wilayah kalau Nasdem Dharmasraya bakal mengusung calon sendiri dalam Pilkada Serentak 2020, kata dia.

Menurutnnya satu dari duan nama yang disampaikan itu secara keseluruhan memiliki elekstabilitas, kapasitas, dan popularitas.

"Dalam Rakorwil kamarin kami membawa suatu misi besar yang mana itu berasal dari suara masyarakat meminta tokoh dari kader Nasdem maju sebagai calon bupati Dharmasraya, dalam hal ini yaitu Ampera Labuan Basa," katanya.

Ia menambahkan meskipun partainya tidak cukup kursi untuk dapat mencalonkan kader sendiri, akan tetapi dalam mengikuti pilkada, partainya sudah siap dan akan mengutamakan kadernya.

"Meskipun harus berkoalisi, tapi kita akan mengutamakan kader sendiri dengan tiga kursi yang dimiliki Nasdem," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut dia Nasdem siap berkoalisi dengan partai lain pada pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati 2020. Dan juga sudah membuka komunikasi dengan beberapa partai.

"Prinsipnya selama visi dan misinya sama yaitu membangun Dharmasraya menjadi lebih baik ke depan kami siap berkoalisi," kata dia.

Ia memastikan dalam koalisi tersebut mutlak sama dengan yang ada di pusat karena Nasdem tidak akan membatasi diri dalam hal ini selagi memiliki kesamaan visi.

Nasdem meraih tiga kursi dari 30 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Dharmasraya periode 2019-2024. Sementara salah satu syarat mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati partai harus memiliki minimal enam kursi.

Kemudian komposisi kursi partai politik 2019-2024 di DPRD Dharmasraya, yakni PDIP tujuh kursi, Partai Golkar lima kursi, PAN empat kursi, NasDem tiga kursi, Gerindra tiga kursi, PKS dua kursi, Partai Berkarya dua kursi, Partai Demokrat dua kursi, serta PKB dan Hanura masing-masing satu kursi.