TdS 2019, hampir seluruh wilayah Pesisir Selatan dilintasi pebalap

id TdS 2019,Pesisir Selatan

TdS 2019, hampir seluruh wilayah Pesisir Selatan dilintasi pebalap

Persiapan TdS 2019 dilakukan sangat serius oleh Kabupaten Kerinci. (ANTARA SUMBAR/ist)

Painan (ANTARA) - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan menjadi lokasi finis pada balapan Tour de Singkarak (TdS) 2019 etape VIII dari start di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

"Khusus etape VIII akan diselenggarakan pada 9 November 2019 dengan panjang lintasan mencapai 212 kilometer," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Yohendro Nasti di Painan, Selasa.

Ia menambahkan lokasi finis berada tepat di ibu kota kabupaten setempat yakni di Taman Spora, persis di depan lanmark "I Love Painan".

Menurutnya dengan digelarnya etape VIII maka hampir seluruh daerah setempat khususnya yang dilewati jalan lintas sumatera akan dilewati balapan kecuali di Kecamatan Lunang dan Silaut.

"Ini yang perdana, sebelumnya hanya dari Painan ke Kota Padang namun kali ini hampir menyeluruh dilewati," katanya lagi.

Ia mengungkap ajang ini akan sangat berpengaruh kepada perkembangan dunia pariwisata Pesisir Selatan karena banyak lokasi indah yang akan dilewati para pebalap.

Mulai dari Batang Tapan nan indah, areal persawahan yang lengkap dengan pemandangan perbukitan di Kecamatan Pancung Soal, Bukit Punai, Kecamatan Ranah Pesisir, Bukit Taratak di Kecamatan Sutera, Teluk Painan dan lainnya hingga sampai ke lokasi finis.

"Kami yakin kegiatan ini akan secara otomatis menjadi promosi yang ideal, baik yang akan diceritakan oleh para pebalap maupun melalui bidikan kamera hingga berita-berita baik melalui media cetak maupun dalam jaringan," sebutnya.

Di lokasi finis pemerintah kabupaten setempat akan menyambut para pebalap dengan pagelaran seni dan beberapa kegiatan menarik lainnya.

"Khusus pagelaran seni ini, kami akan merancangnya dengan sebaik mungkin karena ini momen yang baik untuk mengenalkan budaya Pesisir Selatan ke seantaro dunia," imbuhnya.