Kabut asap selimuti Dharmasraya, BPBD bagikan masker

id Kabut Asap,Dharmasraya Diselimuti asap,Masker Gratis

Kabut asap selimuti Dharmasraya, BPBD bagikan masker

Sejumlah anggota BPBD Dharmasraya menggelar aksi bagi masker kepada masyarakat yang melintas di jalan Lintas Sumatera, Kamis (25/7). (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat membagikan masker secara gratis kepada masyarakat untuk mencegah penyakit dan berbagai gangguan kesehatan lainnya akibat kabut yang menyelimuti daerah itu.

"Jadi ini aksi spontan melihat kabut yang cukup tebal tadi pagi," kata Kepala BPBD Dharmasraya, Edison di Pulau Punjung, Kamis.

Saat ditanya apakah itu kabut asap kiriman, kata dia pihaknya belum dapat memastikan, yang jelas bagi-bagi masker merupakan gerakan spontan melihat kabut yang begitu tebal.

Selanjutnya BPBD akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengetahui jenis kabut yang menyelimuti Dharmasraya, apa itu kabut asap kiriman atau kabut akibat perubahan cuaca.

"Kalau kabut asap akibat kebakaran lahan tentu ada upaya tindaklanjut dari instansi terkait, kalau hanya kabut karena perubahan cuaca saya rasa tidak ada masalah," katanya.

Ia memastikan wilayah Kabupaten Dharmasraya juga terhindar dari kebakaran lahan atau lainnya sampai hari ini.

Ia menambahkan akibat kabut yang menyelimuti Kabupaten Dharmasraya menyebabkan jarak pandang pengedara hanya sekitar 50 meter.

Sementara, salah seorang warga Kecamatan Pulau Punjung, Fernando (27), mengatakan kabut tebal memang menyelimuti Dharmasraya pada Kamis pagi, bahkan jarak pandang sangat terbatas.

Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak berapa hari terakhir, lanjut dia sehingga ia menggunakan masker saat berangkat ke kantor.

"Iyaa pakai masker, untuk jaga-jaga saja," ujarnya.