Inovasi terbaru Pemkab Solok, luncurkan pembayaran PBB-P2 dan SP2D online

id Gusmal,solok,PBB online,sumbar,padang

Bupati Solok, Gusmal mencoba pembayaran PBB P2 online. (Humas)

Arosuka, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat bekerja sama dengan Bank Nagari meluncurkan pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) dan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) onlineuntuk memotivasi warga di daerah setempat dalam membayar pajak.

"BKD akan berupaya PBB-P2 mencapai target pembayaran 100 persen dengan membentuk tim khusus," kata Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Solok Editiawarmandi Arosuka, Senin (8/7).

Ia menyebutkan pencapaian 100 persen ditargetkan per 31 September 2019.

Saat ini sudah ada sembilan nagari di Solok yang sudah lunas membayar pajak 100 persen, yaitu Paninjauan, Batu Bajanjang, Garabak, Katialo, Aia Luo, Indudur, Siaro-Aro dan Koto Laweh.

Peluncuran PBB dan SP2D online ini akan memotivasi tim khusus intensifikasi dan ekstensifikasi bersama nagari untuk lebih giat melakukan PBB-P2 di wilayah kerja masing-masing sehingga diharapkan dapat meningkatkan realisasi penerimaan daerah.

Selain itu, program SP2D online ini berguna meningkatkan pelayanan di bidang perbendaharaan di lingkup pemerintah setempat.

"Selain percepatan pencairan SP2D, aplikasi ini juga memberikan transparansi tahapan proses pengajuan SP2D oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Solok Gusmal mengajak seluruh ASN agar patuh dalam membayar PBB.

"Jangan ada ASN dan masyarakat umum yang menghindar dari pembayaran PBB," ujarnya.

Gusmal berharap pencapaian realisasi pembayaran pajak pada 2019 ini mencapai 100 persen.

Menurutnya, kerja sama dengan pihak terkait seperti Wali nagari juga harus aktif menyosialisasikan ke masyarakat mengenai wajibnya pembayaran pajak

Melalui aplikasi SP2D online ini, BKD dapat membantu program smart city Kabupaten Solok yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan good govermance Kabupaten Solok.

"Semoga tim khusus intensifikasi dan ekstensifikasi PBB ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam rangka pemungutan PBB, jadi meningkatkan kesadaran wajib pajak," ujarnya.

Gusmal kemudian menyerahkan penghargaan kepada nagari yang telah 100 persen lunas melakukan pembayaran PBB 2019, dan juga nagari dengan pembayaran tertinggi.

Lima nagari dengan tingkat pembayaran tertinggi, yaitu Sungai nanam, Koto Baru, Aripan, Muaro Paneh, dan Saok Laweh. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar