Disparpora Payakumbuh gelar pemilihan Uda Uni 27 Juli

id Pemilihan Uda Uni Kota Payakumbuh 2019,Payakumbuh,padang,sumbar

Disparpora Payakumbuh gelar pemilihan Uda Uni 27 Juli

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh mengadakan rapat persiapan kegiatan Uda Uni Kota Payakumbuh 2019. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan menggelar pemilihan Uda Uni Duta Wisata 2019 pada Sabtu 27 Juli 2019.

"Penyelenggaraan Uda Uni ini bertujuan memilih duta wisata yang akan mempromosikan potensi Kota Payakumbuh," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman di Payakumbuh, Rabu.

Untuk mengoptimalkan ajang tersebut pihaknya akan membatasi acara-acara tambahan yang tidak ada hubungannya dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan.

Ia mengatakan berkaca pada pengalaman tahun sebelumnya dimana tingkat partisipasi peserta sedikit menurun.

“Kita imbau bagi warga Payakumbuh yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri di kantor Disparpora,” ujarnya.

Pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi baik langsung ke masyarakat maupun memanfaatkan media massa serta brosur-brosur yang akan disebar ke kelurahan-kelurahan.

“Tahun lalu peserta kita sedikit berkurang, dan itu berpengaruh kepada output yang kita harapkan,” ujarnya.

Syarat menjadi peserta pemilihan Uda Uni tahun ini antara lain WNI, berpenampilan menarik, minimal lulusan SLTA, umur 18-24 tahun, tinggi badan 170 (putra), 165 (putri), berdomisili di Sumbar, belum menikah, menguasai Bahasa Minang dan Asing serta membuat pernyataan aktif memberantas LGBT.

"Pendaftaran dibuka dari 2 Juli hingga 20 Juli," ujarnya.

Ia mengatakan putra putri terbaik Payakumbuh yang terpilih menjadi duta wisata akan menjadi wakil Payakumbuh pada ajang serupa di tingkat Provinsi Sumbar. (*)