Bupati: pemilihan uda-Uni dalam kembangkan potensi generasi muda

id Uda Uni,Indra Catri,Kabupaten Agam

Bupati: pemilihan uda-Uni dalam kembangkan potensi generasi muda

Peserta uda dan uni Kabupaten Agam, sedang menampilkan bakat saat grand final pemilihan uda dan uni Agam di lapangan Tenis Indoor Lubuk Basung, Kamis (28/8) malam. (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri mengatakan pemilihan uda dan uni duta wisata perlu dalam mengembangkan potensi yang dimiliki generasi muda di daerah itu.

"Potensi tersebut berupa kesenian, pengetahuan bidang pariwisata, budaya dan lainnya yang bisa di contoh generasi lain," katanya saat grand final pemilihan uda dan uni Agam di lapangan Tenis Indoor Lubukbasung, Kamis (28/8) malam.

Ia mengatakan, argumen kenapa pemilihan uda-uni ini perlu karena daerah hebat dan makmur harus banyak kegiatan dalam mengenalkan kesenian, kebudayaan dan lainnya kepada masyarakat lain.

Tanpa ada kegiatan, tambah bupati dua periode ini, maka kebudayaan, kesenian, kuliner dan lainnya tidak akan berkembang dengan baik.

"Semua kesenian itu ditampilkan oleh generasi muda di daerah itu dengan berbagai tekniknya," katanya.

Ia menambahkan, Pemkab Agam pada 2020 mencanangkan sebagai tahun "Ayo ke Agam".

Untuk memdukung itu, Pemkab Agam telah membangun dan membenahi berbagai objek wisata dan sarana pendukung lainnya.

Bupati berharap kepada para duta wisata yang terpilih untuk turut mendukung ayo ke Agam dengan meningkatkan citra dan promosi Agam sebagai destinasi wisata halal, membangun jejaring yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Agam.

“Tahun ini kita fokus membangun dan membenahi beberapa objek wisata dan tahun depan adalah tahunnya Ayo ke Agam. Setidaknya ada dua kegiatan besar yang akan dilaksanakan tahun depan berupa Festival Agam Pesona yang Beragam dan Festival Danau Maninjau," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Oni Yulfian menambahkan uda dan uni untuk mengembangkan dan menjual pariwisata ke wisatawan.

"Keberadaan uda uni bisa dihandalkan dalam mempromisikan objek wisata ke tingkat internasional, karena destinasi objek wisata sangay bagus," katanya.

Pada grand final itu, terpilih uda Agam 2019 atas nama Vallendio Allen Putra dari Kecamatan Palembayan dan Uni Agam 2019 atas nama Putri Perdana dari Kecanatan Tanjungmutiara.

Terpilihnya putra dan putri terbaik Agam itu setelah berhasil menyisihkan sembilan pasang peserta lainnya, pada malam grand final itu. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar