Padang kembali gelar pemilihan duta pariwisata

id uda uni pariwisata

Padang kembali gelar pemilihan duta pariwisata

Kepala Seksi Pemasaran Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Ade Yonanda Irza. (Antara Sumbar/Kurnia)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kembali akan menggelar pemilihan duta pariwisata yaitu Uda Uni Wisata Padang 2019.

"Pemilihan akan digelar pada 1-13 April 2019 sebagai duta pariwisata yang ikut andil mempromosikan sektor pariwisata," kata Kepala Seksi Pemasaran Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Ade Yonanda Irza di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan persyaratan untuk menjadi Uda Uni Wisata Kota Padang diantaranya Warga Negara Indonesia, berusia antara 18 – 25 tahun, tinggi pria minimal 165 centimeter, tinggi wanita minimal 160 centimeter, mahir berbahasa Minang dan bahasa Indonesia serta menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan berpenampilan menarik

Hingga Kamis (28/3) jumlah peserta yang mendaftar melalui jalur daring sudah mencapai 120 peserta, sedangkan peserta yang menyerahkan berkas ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang sudah mencapai 75 berkas dan biasanya akan bertambah hingga batas waktu pendaftaran pada 31 Maret 2019.

Ade menyampaikan proses penyeleksian dilakukan mulai 1 – 13 April 2019.

Pada 1 April akan diadakan Technical Meeting guna memastikan kelengkapan berkas serta pembagian alat-alat tulis dan peralatan untuk peserta selama mengikuti kegiatan tersebut.

Pada 2 April 2019 akan dilaksanakan pembukaan yang akan dibuka oleh ketua Dekranasda yaitu istri Wali Kota Padang di Palanta Wali Kota Padang serta diikuti pembekalan.

Kemudian pada 3 April 2019 dilaksanakan penjurian di enam bidang, yaitu kepariwisataan, wawasan, program, kepribadian dan penampilan,kemampuan berbicara di depan umum dan Bahasa Inggris.

“Tugas Uda Uni Wisata ini adalah sebagai perpanjangan tangan untuk mempromosikan pariwisata di Kota Padang melalui generasi muda serta melakukan pembinaan dan edukasi kepada masyarakat," katanya.

Ia menambahkan uda uni pariwisata juga akan diikutsertakan dalam kegiatan pemerintahan seperti penjemputan tamu, pejabat negara serta pemberdayaan dan pembinaan kepada masyarakat terutama untuk promosi pariwisata.

Pemilihan Uda Uni Duta Wisata merupakan salah satu ikon generasi muda berprestasi di Kota Padang, yang diharapkan ikut melestarikan budaya Minangkabau, ujarnya.

Ia menambahkan uni uda pariwisata juga juga menjadi contoh bagi yang lainnya bagaimana seharusnya berperilaku dalam lingkup budaya Minangkabau.

***1***