Anak 12 tahun terseret kabel SUTET di Solok Selatan dan jatuh dari ketinggian 30 meter

id Kabel SUTET,solok selatan,padang,sumbar

Anak 12 tahun terseret kabel SUTET di Solok Selatan dan jatuh dari ketinggian 30 meter

Sejumlah pekerja mengulur kabel saat pembangunan transmisi SUTET bertegangan 275 kilovolt Kiliranjao-Payakumbuh di Nagari Timbulun, Sijunjung, Sumatra Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Solok Selatan, (ANTARA) - Seorang anak Ikbal Andani (12) warga Jorong Sungai Padi Utara, Kabupaten Solok Selatan, SumateraBarat terseret kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) setinggi 30 meter dan terjatuh yang mengakibatkan seluruh badannya memar.

Orang tua korban Febriyenti (40) di Padang Aro, Sabtu, mengatakan pada Jumat (27/6) pukul 15.00 Wib anaknya Ikbal beserta empat temannya bermain di sekitar kabel SUTET yang masih kendor di sawah warga, dan saat ia memegang kabelnya pekerja melakukan penarikan yang membuat Ikbal terangkat hingga ketinggian sekitar 30 meter.

"Anak saya terseret kabel hingga ke atas karena ia berpegangan pada kabel dan setelah selesai penarikan posisinya sudah tinggi dan tidak kuat lagi bergayut dan jatuh ke pematang sawah, dan sampai di bawah tidak sanggup lagi bergerak," ujarnya.

Dia menyebutkan orang yang pertama kali melihat anaknya terseret sampai terjatuh adalah seorang petani yang sedang bekerja di sekitar proyek.

Setelah melihat anaknya jatuh petani tersebut memberitahukan ke rumah karena takut kalau langsung menolong.

"Mendapat kabar itu suami saya langsung menjemput Ikbal ke lokasi dan membawanya ke rumah," ujarnya.

Ikbal Andani (12) warga Jorong Sungai Padi Utara, Kabupaten Solok Selatan yang terseret kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) setinggi 30 meter dan terjatuh yang mengakibatkan seluruh badannya memar. (ist)


Usai dibawa ke rumah Ikbal tidak langsung dibawa ke dokter atau rumah sakit tetapi dirawat di rumah sampai pukul 18.30 WIB.

"Saat sampai di rumah anak saya tidak bisa menggerakkan badannya, bahkan untuk duduk saja tidak bisa dan seluruh tubuhnya memar," katanya.

Setelah shalat magrib katanya, pihak perusahaan datang ke rumah dan membawa Ikbal ke Puskesmas Lubuak Gadang.

Setelah sampai di Puskesmas Lubuak Gadang Ikbal langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solok Selatan untuk mendapatkan perawatan.

"Hari ini Ikbal akan dirujuk ke salah satu rumah sakit di Padang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, " katanya.

Site Manager PT Rekadaya Elektrikal Wendi mengatakan pihaknya beserta sub kontraktor PT IKAM sudah mendatangi keluarga korban.

"Untuk pembiayaan perawatan Ikbal akan dibahas lebih lanjut dengan subkontraktor yakni PT IKAM, " ujarnya.

Dia menjelaskan pekerja lapangan sebetulnya sudah memperingatkan anak-anak untuk tidak bermain di sekitar proyek.

Menurut dia jarak antara menara cukup jauh sehingga hal seperti itu sulit dipantau oleh pekerja di lapangan.

Sementara terkait rambu peringatan, kalau di dekat lokasi pekerjaan ada tetapi di sepanjang bentangan kabel memang tidak ada.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Solok Selatan AKP M Rosidi mengatakan pihaknya sudah menerima laporan terkait kelalaian perusahaan dalam melaksanakan satu pekerjaan.

"Laporan sudah kami terima dan petugas akan melakukan pengecekan lapangan dulu, " ujarnya. (*)