PLN Wilayah Sumbar siap dukung investasi, ketersediaan listrik melimpah

id Investasi,Bangun hotel di Padang,Sumbar

PLN Wilayah Sumbar siap dukung investasi, ketersediaan listrik melimpah

GM PLN Wilayah Sumbar Bambang Dwiyanto menyampaikan sambutan pada Multi Stakeholder Forum “Membangun Sinergi Menyambut Investasi” (Urusan Listrik, PLN Aja), di Padang, Rabu (26/6). Kegiatan tersebut dihadiri mitra/relasi PLN, Forkopimda, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan BUMN, serta undangan lainnya. (Ist)

Padang (ANTARA) - PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat siap mendukung investasi di berbagai sektor di daerah itu, karena ketersediaan energi listrik sudah melimpah atau surplus dari kebutuhan saat ini.

Bahkan untuk 100 industri perhotelan bintang lima dibangun bisa dilayani energi listrik saat ini, kata General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto saat gelar Multi Stakeholder PLN Membangun Sinergi Menyambut Investasi di Padang, Rabu.

Menurut Bambang, kondisi cadangan listrik saat ini di Sumbar dapat dikategorikan melimpah karena ada tersedia cadangan 59 MW di luar kebutuhan.

Selain itu, tambah dia, dengan akan beroperasinya sebentar lagi pembangkit tenaga listrik panas bumi di Muaro Labuh, Solok Selatan, maka pasokan listrik Sumbar bertambah sekitar 80 MW lagi. Selanjutnya akan ditambah dengan tol listrik sumatra sudah siap sehingga Sumatera Bagian Tengah mendapatkan pasokan dari selatan dan utara, cadangan daya listrik tidak perlu diragukan lagi.

"Penting kami sampaikan saat ini kondisi listrik di Sumbar melimpah. Jadi bagi investor untuk kebutuhan infrastruktur bidang energi listrik tak perlu diragukan dan siap dilayani,” kata Bambang di hadapan para undangan yang hadir di forum diskusi tersebut.

Baca juga: 382 Masjid Kota Padang naik daya gratis dari PLN, manfaat promo gemerlap lebaran

Selain dari ketersediaan energi listrik yang melimpah itu, ia mengatakan, pihaknya juga menyuguhkan beragam program yang memberikan keringanan terhadap konsumen.

Program kemudahan, mulai dari diskon 50 persen untuk pemasangan perdana bagi masyarakat kurang mampu.

Gratis biaya menaikkan daya khusus untuk rumah ibadah, dan layanan premium bagi pelanggan industri serta program lainnya.
GM PLN Wilayah Sumbar Bambang Dwiyanto foto bersama dengan pembicara dalam diskusi Multi Stakeholder Forum “Membangun Sinergi Menyambut Investasi” (Urusan Listrik, PLN Aja), di Padang, Rabu (26/6). Kegiatan tersebut dihadiri mitra/relasi PLN, Forkopimda, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan BUMN, serta undangan lainnya. (Ist)


"Kini kami tidak lagi memikirkan bagaimana ketersediaan daya listrik karena sudah surplus, tapi tugas kami lebih kepada memperkuat keandalan dalam pelayanan. Kemudian bagaimana surplus ini dapat terserap oleh pasar dan memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat, juga memberi multiplayer efek terhadap kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: PLTU Teluk Sirih dongkrak perekonomian dan infrastruktur, tak menerima ada keluhkan masyarakat

Dengan sistem yang bangun itu siap melayani pelanggan 24 jam. Sistem pelaporan gangguan sudah ada secara online, PLN siap mengatasi dengan cepat kendala yang terjadi sehingga tak terjadi pemadaman yang lama, tambahnya.

Acara PLN UIW Sumbar yang bertajuk Multi Stakeholder Forum “Membangun Sinergi Menyambut Investasi” (Urusan Listrik, PLN Aja) tersebut dihadiri mitra/relasi PLN, Forkopimda, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan BUMN, serta undangan lainnya.

Setelah sambutan GM PLN UIW Sumbar dilanjutkan dengan menghadirkan pembicara dari Akademisi, Dinas ESDM provinsi, BI dan Kejaksaan Tinggi.*
GM PLN UIW Sumbar serahkan pelakat kepada pemateri dalam diskusi Multi Stakeholder Forum “Membangun Sinergi Menyambut Investasi” (Urusan Listrik, PLN Aja), di Padang, Rabu (26/6). Kegiatan tersebut dihadiri mitra/relasi PLN, Forkopimda, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan BUMN, serta undangan lainnya. (Ist)