Ini arahan Bupati Sijunjung dalam Rakor TIK, fokuskan inovasi DD

id Dana desa,Inovasi,Pendamping desa

Ini arahan Bupati Sijunjung dalam Rakor TIK, fokuskan inovasi DD

Bupati Yuswir Arifin foto bersama peserta Rakor Tim Inovasi Kabupaten. (Ist)

Muaro (ANTARA) - Pada pembukaan Rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Bupati Sijunjung Yuswir Arifin kepada peserta kegiatan yang dilaksanakan bagian upaya penyempurnaan dan pengoptimalan penggunaan dana desa sesuai tuntutan undang-undang.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Sijunjung, Sumatera Barat, sejak Rabu hingga Jumat menggelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (Rakor TIK) se-Kabupaten Sijunjung.

“Pada kesempatan yang bahagia ini, izinkan saya atas nama pribadi dan Bupati Sijunjung mengucapkan minal aidin walfaidzin dan selamat datang bagi peserta mengikuti kegiatan ini,” kata Bupati Yuswir Arifin saat pembukaan.

Pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang merupakan bagian dari perwujudan amanat Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) sejak tahun 2015, secara makro dan bertahap telah mampu membangun dan menggerakkan aktifitas perekonomian nagari-nagari, kata bupati.

Namun demikian, sesuai hasil evaluasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), lingkup penggunaan dana desa mayoritas masih didominasi oleh pembangunan sarana prasarana infrastruktur perdesaan.

"Berdasarkan hasil evaluasi dimaksud, serta untuk mengembangkan kreasi nagari/desa dalam menyusun rencana pembangunan, maka pada Tahun Anggaran 2019 Kemendesa PDTT menginisiasi pelaksanaan Program Inovasi Desa, yang dirancang untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi pembangunan nagari termasuk melakukan revitalisasi peran pendampingan desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan Sumber Daya Manusia serta infrastruktur perdesaan,"terang Yuswir Arifin.

Dijelaskan orang nomor satu di Lansek Manih itu, program inovasi desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan Desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur Desa.

Melalui Program Inovasi Desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif. Program Inovasi Desa merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Nagari/Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat,papar bupati peraih Leadership Award itu.

Rakor TIK diharapkan menjadi media pembelajaran, dan peningkatan kapasitas bagi pelaku program- program dalam lingkup Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) mengenai konsep, prinsip, prosedur, tahapan pelaksanaan program dan kebijakan kebijakan terbaru terkait pendampingan implementasi UU Desa.

Selain itu, Rakor TIK diharapkan juga dapat menjadi pintu masuk sinergi program-program lingkup PPMD. Dengan demikian upaya pelembagaan dan pengorganisasian pendampingan implementasi UU Desa dalam masyarakat dan sistem pemerintahan dapat berjalan optimal,imbuh Yuswir.

Ditambahkan bupati, bahwa Rakor TIK yang dilakukan tersebut di koordinasi oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) bertujuan untuk peningkatan kapasitas bagi seluruh anggota TPID guna mendukung Program Inovasi Desa.

Salah satu kegiatan TPID adalah capturing/pendukumentasian dan penyebarluasan kegiatan inovasi dalam bentuk cetak tulisan, foto, video, penyempurnaan video, sewa peralatan dan lain-lain.

Rakor TIK itu dilaksanakan di Wisma Anggrek, Muaro Sijunjung dan dibuka secara resmi oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin. Kegiatan tersebut diawali laporan Kadis DPMN Sijunjung, Khamsiardi,SSTP.

Bahkan nara sumber juga menghadirkan Kepala DPMN Sumbar dan dihadiri Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Sijunjung, Camat se-Kabupaten Sijunjung,Tenaga Pendamping Profesional P3MD Kabupaten Sijunjung dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Se-kabupaten Sijunjung.