Baznas Payakumbuh bantu janda dan lansia

id Baznas Payakumbuh,Bantuan janda dan lansia

Baznas Payakumbuh bantu janda dan lansia

Baznas Payakumbuh menyerahkan bantuan kepada para lansia dan janda (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh memberikan bantuan konsumtif Ramadan kepada 830 orang janda dan lanjut usia di daerah itu.

"Kami akan beri bantuan konsumtif ramadan kepada para janda dan lansia, masing-masingnya mendapatkan uang sebesar Rp500 ribu pada hari Rabu mendatang," kata Wakil Ketua Bidang Pengelola Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Payakumbuh, Ustadz Latief di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan, pemberian bantuan konsumtif itu bertujuan untuk meringankan beban penerima jelang Idul Fitri.

"Kami akan laksanakan rapat untuk menghitung kembali apakah jumlah yang mendapatkan bantuan konsumtif itu sebanyak 830 orang atau mungkin bisa bertambah," lanjutnya.

Pada Ramadan 1440 ini, Baznas Kota Payakumbuh memiliki dua program penyerahan bantuan yakni bantuan untuk janda, lanjut usia dan bantuan terhadap 150 mahasiswa yang ada di Payakumbuh.

"Bantuan terhadap 150 mahasiswa yang ada di Payakumbuh sudah kita serahkan Sabtu lalu," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan, dana zakat yang dihimpun Baznas Kota Payakumbuh mayoritas berasal dari zakat Aparat Sipil Negara (ASN) Kota Payakumbuh.

"Kami memang mengimbau para ASN untuk menyalurkan zakatnya kepada Baznas karena sifatnya imbauan, kami tidak mewajibkan," ujarnya.

Bagi yang bersedia, Gaji ASN tersebut dipotong 2,5 persen dari gaji bulanan oleh bendahara masing-masing dinas.

"Alhamdulillah jumlahnya cukup besar," ujarnya.