Bawaslu Dharmasraya mulai persiapkan pilkada 2020

id Bawaslu Dharmasraya,Pilkada serentak

Ketua Bawaslu Dharmasraya, Syamsurizal. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menyebutkan telah mulai mempersiapkan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak yang rencana digelar tahun depan.

"Sudah mempersiapkan rencana anggaran atau biaya. Untuk jadwal pasti kami belum tahu, yang jelas dilaksanakan pada tahun 2020," kata Ketua Bawaslu Dharmasraya, Syamsurizal di Pulau Punjung, Minggu.

Menurutnya untuk pra tahapan hingga tahapaan Pilkada serentak di daerah itu berlangsung sekiatar 14 bulan sebelum masa pencoblosan 2020.

Meski sudah menyiapkan tahapan Pilkada 2020, katanya Bawaslu memastikan tetap melakukan pengawasan penetapan hasil Pemilu Serentak 2019 selesai.

"Kan baru diberi arahan merancang anggaran biaya, jadi dipastikan tidak mengganggu proses pengawasan pemilu serentak yang masih dalam tahap rekapitulasi tingkat nasional," katanya.

Sekretaris Bawaslu Redha Akmal menambahkan, persiapan menghadapi pilkada serentak 2020 sudah dilakukan bawaslu setempat dengan telah dirampungkan penyusunan rancangan anggaran biaya.

Ia mengatakan Bawaslu setempat mengajukan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada serentak sebesar Rp13,8 miliar. Draf rancangan tersebut segera diajukan ke Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

"Sudah kami susun sesuai pedoman dan ketentuan yang berlaku, artinya usulan anggaran tersebut tidak dibuat-buat," katanya.

Menurut dia situasi keamanan wilayah Kabupaten Dharmasraya kondusif pascapelaksanan pemilu serentak 2019 lalu, hal itu terlihat tidak terjadi keributan yang berujung anarkis atau aksi kekerasan lainnya.

Suasana Pilkada 2020 sudah mulai terasa di kalangan masyarakat elit maupun menengah ke bawah, hal itu ditandai dengan perbincangan seputar siapa yang akan maju untuk pesta demokrasi lima tahunan baik yang di sosial media dan perkumpulan masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar