Partisipasi pemilih di Pasaman Barat melebihi target nasional

id partisipasi pemilu,pemilu 2019,KPU Pasaman Barat

Antusias warga Pasaman Barat saat pencoblosan Pemilu 17 April 2019 lalu. Partisipasi pemilih di Pasaman Barat meningkat dibandingkan Pemilu sebelumnya mencapai 88 persen. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) meningkat dibandingkan Pemilu sebelumnya, yakni 88 persen.

"Partisipasi pemilih meningkat pada Pemilu kali ini melebihi target secara nasional 77,5 persen," kata Komisioner KPU Pasaman Barat, Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDML, Misdarliah di Simpang Empat, Kamis.

Menurutnya terjadinya peningkatan partisipasi pemilih menggambarkan masyarakat peduli menentukan pimpinannya.

Apalagi Pemilu saat ini merupakan Pemilu serentak yang diadakan. Partisipasi dan animo masyarakat sangat tinggi untuk memilih.

"Terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi saat Pemilu. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan Pemilu," katanya.

Ia merinci untuk pemilihan presiden dan wakil presiden partisipasi pemilih mencapai 88,12 persen, pemilihan DPD partisipasi pemilih 88,14 persen dan pemilihan DPRD Provinsi partisipasi pemilih 88,14 persen.

"Sedangkan partisipasi pemilih untuk DPRD kabupaten mencapai 89 persen. Secara total rata-rata partisipasi keseluruhannya mencapai 88 persen," ujarnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

"Mulai dari Pemkab, Polri, TNI, Bawaslu, peserta pemilu, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, penyelengara Pemilu hingga KPPS serta pihak terkait lainnya yang telah menyukseskan Pemilu," katanya.

Ia menambahkan rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten telah selesai dilakukan. Saat ini rekapitulasi diprovinsi sedang berlangsung. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar