Partisipasi pemilih Pemilu di Agam capai 69,13 persen

id Pemilu di Agam,Kpu agam,Berita agam

Partisipasi pemilih Pemilu di Agam capai 69,13 persen

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten di Balairong Bupati Agam. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan sebanyak 268.243 pemilih dari 388.000 daftar pemilih tetap (DPT) memberikan hak pilih pada Pemilu 2024.

"Partisilasi pemilih di Agam mencapai 69,13 persen." kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Minggu.

Ia mengatakan ini berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten berlangsung semenjak Rabu (27/2) sampai Minggu (3/3) dini hari.

Hasil rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten ini bakal dikirim ke KPU Sumbar untuk rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Sumbar dengan agenda 3-5 Maret 2024.

"Penetapan perolehan hasil dan calon anggota DPRD terpilih bakal dilakukan setelah putusan peselisihan hasil pemilihan tiga hari setelah diputus oleh Mahkamah Konstitusi (MK)," katanya.

Ia mengakui partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini berkurang dibandingkan Pemilu 2019 sebanyak 2,33 persen atau 71,46.

Sebelumnya KPU Agam menargetkan partisipasi pada Pemilu 2024 sebanyak 77,5 persen. Untuk mencapai itu melakukan upaya secara eksternal dan internal.

Secara eksternal meminta bantuan dari luar atau stakeholder berupa Pemkab Agam, Kepolisian, TNI, partai politik dan lainnya untuk membantu dalam menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu.

Setelah itu, mengajak para pemilih untuk hadir saat hari pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Secara internal memperkuat sosialisasi mulai dari KPU, PPK dan PPS ke masyarakat dan pemilih pemula.

"KPU Agam rutin melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula di sekolah-sekolah, maupun masyarakat, karena ada indikator pemantauan melalui sistem informasi partisipasi masyarakat," katanya.