Disdukcapil Dharmasraya Buka Pelayan Hari Libur

id Rekam data

Ilustrasi perekaman data KTP elektronik. (ANTARA SUMBAR/Ist)

Pulau Punjung (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) membuka pelayan perekaman KTP-E pada Sabtu-Minggu.

"Ini merupakan pelayanan khusus untuk melayani perekaman dan percetakan Kartu Tanda Penduduk Elekronik (KTP-E) menjelang 17 April 2019," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disdukcapil Dharmasraya, Rudy Aldrin, di Pulau Punjung, Sabtu.

Kebijakan pelayan hari libur merupakan tindaklanjut Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 471.13/2518/Dukcapil, tanggal 28 Maret 2019 tentang Percepatan Perekaman KTP-E di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupten/Kota, kata dia.

Percepatan perekaman dilakukan untuk menjamin hak pilih masyarakat yang sudah berhak memilih pada Pemilu serentak 17 April 2019, namum belum melakukan perekemam atau memiliki KTP-E.

"Sesuai edaran Kemendagri pelayanan Sabtu-Minggu dibuka hari ini sampai 17 April, pelayanan dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan ketersedian blanko KTP-E dipastikan cukup menjelang 17 April 2019, artinya masyarakat yang melakukan perekaman dipastikan mendapatan KPT-E.

"Blanko yang tersedia mencapai 5.000 keping saat ini, jumlah ini cukup untuk melayani masyarakat jelang pemilu nanti, jadi dipastikan tidak akan ada masyarakat menggunakan hak pilih dengan Surat Keterangan (Suket)," katanya.

Ia menambahkan Disdukcapil terus menyosialisasikan tentang pentingnya data kependudukan dan proses pengurusan administrasi juga dipermudah sehingga partisipasi masyarakat meningkat.

"Sosialisasi terus kami laksanakan ke daerah yang berbeda, bahkan dengan menerapkan layanan keliling ke nagari-nagari atau desa adat," ujarnya.

Terpisah, Ketua KPU Dharmasraya, Maradis mengapreasiasi Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam membukan pelayanan Sabtu-Minggu menjelang pelaksanan pileg dan pilpres mendatang.

"Tentu diapresiasi, kami sebagai penyelenggra juga terus melakun persiapan sampai hari ini, di samping koordinasi kami juga telah menyiapkan pendistribusian logistik pemilu yang direncakan dimulai 10 April," katanya.***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar