Disdikbud Sijunjung gelar persiapan apresiasi GTK PAUD

id Diklat

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) persiapan apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Dikmas bagi peserta utusan masing masing kecamatan di daerah itu. (ist)

Muaro (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) persiapan apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Dikmas bagi peserta utusan masing masing kecamatan di daerah itu.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ramler diwakili Kepala Bidang PAUD dan PNF Syamsul Bahri. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Imroni serta pejabat dan staf jajaran Bidang PAUD dan PNF.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan yang disampaikan Kabid Syamsul Bahri menyatakan bahwa apresiasi GTK PAUD dan Dikmas berprestasi ini dilakukan dalam rangka memberikan penghargaan di Aula Disdikbud Kabupaten Sijunjung, pada Rabu 20 Maret 2019..

Tentu terhadap para GTK PAUD dan Dikmas atas prestasi , dedikasi, kreasi dan karya inovasi/ karya terbaik melalui proses seleksi di tingkat kabupaten/kota, Provinsi dan nasional.

Diklat ini juga dilakukan sebagai tahap awal pembekalan peserta sebelum mengikuti lomba di tingkat kabupaten yang rencana akan di gelar pada 3-4 April 2019, ujarnya.

"Kegiatan ini dilaksanakan agar semua peserta dalam mengikuti lomba nanti betul betul kondisi siap baik secara pengetahuan, pemahaman dan mental. Yang pada akhirnya penampilan mereka akan dapat optimal dan sesuai petunjuk teknis," katanya.

Dengan diadakannya diklat ini semoga nantinya akan muncul para pemenang lomba terbaik yaitu peserta yang berlomba secara jujur, sportif , atau fair play dengan penilaian yang objektif, akuntabel dan transparan, harapnya.

Jadi, setelah lomba di tingkat kabupaten nantinya, para pemenang akan langsung mengikuti seleksi di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 27-28 April 2019.

"Kita semua dari Kabupaten Sijunjung berharap, semoga nantinya akan terpilih peserta dari daerah Lansek Manih yang mewakili Provinsi Sumatera Barat ke tingkat nasional yang akan digelar di Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung pada 23-28 Juni mendatang," harap Syamsul.

Beberapa bidang yang akan dilombakan nantinya adalah Guru PAUD (KB/ TPA/SPS) Pengelola PAUD( KB/TPA/SPS), Pamong Belajar SKB, Tutor Pendidikan kesetaraan dan keaksaraan, pengelola PKBM, Kepala SKB, Penilik dan Pengelola TBM.

Diklat ini dipandu dan dibimbing oleh instruktur yang sudah berpengalaman dan berprestasi di tingkat nasional serta mendapat pengalaman dalam beberapa kegiatan di tingkat internasional yaitu Syafrizal Ben, ketua Forum PKBM Sumatera Barat dan pengelola PKBM berprestasi TK Nasional.

Selain itu, Evawati pengelola PAUD berprestasi tingkat nasional Rahmi Muliani, tutor kesetaraan berprestasi nasional dan penulis buku terbaik GTK PAUD dan Dikmas Noviardi, Tutor KF berprestasi tingkat nasional dan sebagai literacy prize versi UNESCO.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar