Padang Panjang sosialisasikan PUG tingkatkan peran dan partisipasi perempuan

id peran perempuan

Sosialisasi pengarusutamaan gender di Padang Panjang (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menyosialisasikan program Pengarusutamaan Gender (PUG) untuk meningkatkan peran dan partisipasi perempuan dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Padang Panjang, Rio Akhdanelly di Padang Panjang, Selasa, mengatakan program PUG berisikan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan sebagai bagian atau sasaran kebijakan pemerintah.

Program tersebut mengandung makna sebagai strategi yang rasional dan sistematis untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di setiap aspek kehidupan.

"Sebagai contoh dalam pemerintaha, laki-laki setara dengan perempuan selama yang bersangkutan dipandang mampu dan pantas mengemban amanah tanpa mengabaikan kodrat dan kewajibannya," katanya.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bersama bahwa kesetaraan sudah harus benar-benar diimplementasikan dengan baik dan bijak, namun tetap berpedoman pada norma-norma dan kepatutan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Laswarni menambahkan sosialisasi itu dihadiri oleh anggota Pokja PUG, Focal Point, unsur kecamatan dan kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang.

Sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman peserta terhadap strategi percepatan pengarusutamaan gender dalam pembangunan melalui perencanaan dan penganggaran responsif gender.

"Pengarusutamaan Gender merupakan strategi bagi keadilan gender. Dengan PUG diharapkan semua program pembangunan dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan kesempatan dan akses perempuan terhadap program pembangunan, serta dengan adanya kendali dan manfaat untuk perempuan," ujarnya.(*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar