Ratusan pelajar di Sijunjung wisuda tahfiz, melatih anak cinta alquran

id Wisuda

Ratusan pelajar di Sijunjung wisuda tahfiz, melatih anak cinta alquran

Penyedahan hadiah bagi pelajar pemenang tahfiz Alquran tingkat MI, MTs dan MA di Kabupaten Sijunjung. (Ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 303 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Sijunjung mengikuti wisuda tahfiz, sebagai bentuk membentuk anak mencintai Alquran.

Kegiatan ini digekar di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (17/1), turun disaksikan masyarakat daerah itu.

Turun dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Syahrial, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bagian Kesra, Dodi Katim, Kepala BUMN, BUMD serta undangan lainnya.

Syahrial dalam sambutannya menyampakan terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung, atas inisiasi untuk melaksanakan kegiatan ini.

"Kepada siswa/siswi kita yang diwisuda tahfiz pada hari ini, kita berikan selamat di wisuda, semoga ayat-ayat Al-Quran yang kita hafalkan ini dapat menghantarkan kita kepada pribadi dan generasi yang rabbani,"katanya.

Pihaknya berharap agar potensi dan semangat untuk menghafal Alquran ini tidaklah sampai disini semata, tetapi perlu dipelihara dan ditingkatkan secara kontuinitas.

"Hendaknya membaca Alquran dalam keadaan suci, pelihara sholat dan Khusu', serta memiliki keteguhan dan kesabaran," tambahnya.

Pemerintah Daerah Sijunjung dengan keterbatasan dana yang ada, telah dan terus bertekad untuk berupaya semaksimal mungkin mengalokasikan dana untuk pembinaan agama, lanjut Syahrial.

Semoga dengan wisuda tahfiz ini betul-betul berdampak positif dalam menciptakan masyarakat Sijunjung yang madani.

Kepala Kementerian Agama Sijunjung Syamsul Arifin menyampaikan, ketika nilai – nilai Alquran ini dijadikan sebagai pedoman hidup dan dijunjung tinggi setiap langkah hidup akan membawa kearah yang baik.

"Semoga kelak di masa depan mereka para penghafal Alquran yang akan berperan menjadi penerus bangsa ini," harapnya.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi anak-anak untuk mencintai ilmu dan menghafal Alquran, mengasah potensi anak secara islami, tambah Panitia Pelaksana Kasi Penmad Kementrian Agama Sijunjung, Helmiati.

Kegiatan ini juga melatih anak untuk berprestasi, membiasakan anak untuk kompetitif dalam berprestasi. Kemudian menciptakan suasana penuh kegembiraan pada anak serta meningkatkan tali silaturahmi antar madrasah, terangnya.*