80 persen siswa SMP Pasaman Barat bakal ikuti UNBK

id UNBK,Pasaman Barat

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pras/18)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 3. 665 siswa Sekolah Menengah Pertama akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar).

"Terjadi peningkatan jumlah peserta UNBK untuk tahun ini. Sebanyak 80 persen dari 4.708 orang siswa akan mengikuti UNBK secara mandiri maupun dengan cara menumpang di sekolah lain," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasama Barat, Marimus di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan peserta ujian itu merupakan rincian dari 63 SMP Negeri dan swasta di bawah naungan Dinas Pendidikan Pasaman Barat.

"Meningkatnya jumlah peserta UNBK ini disebabkan dampak mulaibertambahnya sarana dan tingginya kemauan sekolah bersama anak untuk melaksanakan UNBK.

Selain itu, peningkatan jumlah peserta UNBK dinilai seiring dengan perbaikan dan penambahan jumlah sarana berupa komputer dan jaringan di sekolah penyelenggara.

Bahkan sejumlah sekolah penyelenggara UNBK perdana masih meminjam laptop milik guru, siswa dan komite.

Menurutnya di beberapa sekolah akibat tingginya animo komite bersama sekolah untuk UNBK membuat mereka mau membantu melengkapi sarana prasarana.

Baik penambahan jumlah komputer dan server di sekolah atau meminjamkan laptop siswa dan wali murid saat pelaksanaan UNBK berlangsung.

Pihaknya optimistis pelaksanaan UNBK nantinya berjalan dengan lancar. Sebab, simulasi ujian juga telah dilaksanakan.

"Khusus untuk sarana penunjang berupa aliran listirik dan internet sekolah penyelenggara sudah bekerjasama dengan pihak PLN dan telkom sebagai penyedia jasa," tegasnya.

Menyikapi peningkatan peserta itu maka Dinas Pendidikan menargetkan pada 2020 mendatang jumlah peserta UNBK di Pasaman Barat bisa mencapai 100 persen.

"Tentu target itu membutuhkan kerja keras termasuk penyedian sarana prasarana berupa komputer, server dan jaringan internet," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar