Bupati Pesisir Selatan optimistis jalan Kambang-Muara Labuh akan terwujud

id Hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mengaku optimistis rencana pembangunan jalan tembus dari Kambang, daerah setempat ke Muaralabuh di Kabupaten Solok Selatan yang melewati Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) akan terwujud.

"Kami cukup optimis, kendati demikian tentu ada beberapa proses yang harus dilewati," kata dia di Painan, Jumat.

Ia menambahkan, rasa optimis tidak muncul begitu saja namun muncul setelah melewati beberapa tahapan dalam pengurusannya.

Sejak awal pengurusan terdapat 32 jalan yang diusulkan untuk dibangun yang sama-sama melewati taman nasional di Indonesia.

Namun setelah dikaji hanya tujuh diantara 32 tersebut yang lanjut ke tahap berikutnya, didalamnya termasuk rencana jalan tembus Kambang-Muara Labuh, tambahnya.

Menurutnya kajian itu tidak hanya melibatkan pihak TNKS namun juga konsultan dari Meksiko, pejabat Kementerian Dalam Negeri, pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta kepala daerah yang mengusulkan pembukaan jalan.

Selanjutnya, pada beberapa kesempatan pihaknya mengaku juga telah membicarakannya secara langsung ke Presiden Jokowi dan mendapat sambutan hangat.

"Saya sudah dua kali menyampaikan hal ini ke Presiden Jokowi dan beliau merespon dengan sangat baik," sebutnya.

Dari pertemuannya dengan presiden itu, pihaknya telah dihubungi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya perihal rencana tersebut.

"Beliau menanyakan keseriusan kepala daerah mempertahankan dan menjaga eskosistem hutan, ya saya jawab siap, dan beliau juga menanyakan di sana sebelumnya sudah ada jalan atau belum, ya saya jawab sudah, bahkan kakek saya berjalan kaki melewati jalan itu untuk berjualan garam dari Kambang ke Muara Labuh," jelas Hendrajoni. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar