Hendrajoni bakal usut dugaan kecurangan cetak sawah di Pesisir Selatan

id Cetak sawah,Dugaan kecurangan cetak sawah,Pesisir selatan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, Sumbar, 3/1 (Antara) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni bakal mengusut dugaan kecurangan cetak sawah baru di daerah setempat yang diperkirakan menelan biaya hingga Rp25 miliar.

"Informasi terkait adanya proyek cetak sawah baru dengan anggaran miliaran rupiah saya dapatkan setelah bertemu dengan pejabat Kementerian Pertanian," kata dia di Painan, Kamis.

Pada pertemuan itu, pihaknya terlebih dahulu menjelaskan perkembangan pertanian di daerah setempat mulai dari kendala hingga keberhasilannya.

Termasuk juga perihal sawah, namun setelah pihaknya menjelaskan data luas sawah, pejabat kementerian kaget dengan uraiannya.

"Saya menyajikan data sebenarnya yakni di Pesisir Selatan luas sawah hanya 23 ribu hektare namun pejabat itu kaget karena katanya luas sawah mesti 30 ribu hektare karena beberapa tahun sebelumnya pemerintah pusat mengucurkan anggaran untuk cetak sawah baru," jelasnya.

Terkait hal itu, pihaknya akan mengirim surat resmi ke Kementerian Pertanian agar segera menurunkan pemeriksa sehingga diketahui adanya kecurangan atau tidak.

"Nanti tim yang akan menjelaskan, apakah ada kecurangan atau tidak. Dan apapun itu informasi yang mereka berikan akan meluruskan semuanya," katanya lagi.

Jika ditemukan kecurangan pihaknya mendorong agar pemerintah pusat melahirkan rekomendasi tegas bagi oknum yang mengaktori kegiatan itu.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan setempat, Nuzirwan menyebutkan pihaknya dalam waktu dekat akan segera menyiapkan surat ke Kementerian Pertanian sehingga pemeriksa segera diturunkan ke daerah.

"Semakin cepat semakin baik, sehingga semuanya benar-benar jelas. Kendati demikian kami juga akan berupaya melengkapi data-data yang akan dibutuhkan," sebutnya. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar