Berhasil wujudkan kesetaraan gender, Pesisir Selatan raih anugerah Parahita Ekapraya

id Hendrajoni

Berhasil wujudkan kesetaraan gender, Pesisir Selatan raih anugerah Parahita Ekapraya

Bupati Hendrajoni (kanan) berfoto dengan sejumlah pejabat usai meraih anugerah Parahita Ekapraya. (ist)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meraih anugerah Parahita Ekapraya karena dinilai sebagai salah satu daerah yang telah memberikan kontribusi dalam mewujudkan kesetaraan gender.

"Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan diterima oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Jakarta," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Sekretariat Kabupaten Pesisir Selatan, Wendi di Painan, Rabu.

Ia mengungkapkan, penghargaan yang memiliki empat kategori itu yakni pratama, utama, madya dan mentor merupakan yang pertama kali diraih oleh daerah itu.

"Pesisir Selatan meraih kategori pratama dan kami segenap aparatur pemerintah dan masyarakat bersyukur dengan raihan ini," katanya lagi.

Penghargaan kategori utama diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sulawesi Utara.

Selanjutnya penghargaan kategori madya diberikan kepada Kementerian Koperasi dan UKM, Pemerintah Provinsi Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

Kemudian penghargaan kategori pratama diberikan kepada pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Sementara itu, penghargaan untuk kategori khusus dan kategori mentor diberikan Wapres JK kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Pemerintah provinsi yang mendapat penghargaan kategori khusus dan kategori mentor adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sulawesi Selatan. (*)