Jembatan darurat di Kayu Tanam hanya untuk Padang menuju Bukittinggi

id Menpupera Basuki Hadimuljono ,Jembatan darurat kayu tanam,Jalan Padang-Bukittinggi

Jembatan darurat di Kayu Tanam hanya untuk Padang menuju Bukittinggi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Perupera) Basuki Hadimuljono (kanan) meninjau jembatan Sungai Kalu, 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis. (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono mengatakan jembatan darurat yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi bisa dilewati kendaraan pada Sabtu (15/12).

"Besok jembatan ini bisa selesai dikerjakan sehingga dapat dilewati kendaraan Sabtu besok," katanya saat meninjau jembatan Sungai Kalu, 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis.

Ia mengatakan jembatan darurat tersebut untuk kendaraan dari arah Padang ke Bukittinggi sedangkan kendaraan dari arah Bukittinggi harus melewati Malalak.

Setelah jembatan darurat tersebut dibangun, lanjutnya pihaknya akan mengurus bebas lahan di sisi jembatan itu untuk membangun jembatan sementara yang lebih kuat.

"Setelah jembatan sementara itu selesai, kami buka jembatan darurat untuk dibangun jembatan permanan," katanya.

Ia menyampaikan pihaknya segera membangun jembatan permanen karena lokasi tersebut merupakan masuk lintasan utama jalan Padang-Bukittinggi.

"Ratusan kendaraan yang harus lewat dan banyak kerugian yang ditimbulkan jika tidak segera dibangun," ujarnya.

Ia menyampaikan peninjauan yang dilakukannya tersebut merupakan perintah presiden untuk melihat kondisi jembatan secara langsung.

Usai meninjau jembatan ambruk di Sungai Kalu, rombongan Kementerian Perupera meninjau jembatan Lubuk Napa, Kecamatan Padang Sago.

Sebelumnya, jembatan Sungai Kalu, Nagari Kayu Tanam, Kecamatan 2x11 Katu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, ambruk pada Senin sekitar pukul 18.30 WIB sehingga memutuskan akses jalan nasional di daerah itu.

Selain jembatan tersebut ada tiga jembatan lainnya yang ambruk yaitu jembatan di belakang Pasar Kayu Tanam dan Jembatan Patai di Nagari Kapalo Hilalang di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, serta Jembatan Lubuk Napa, Kecamatan Padang Sago. (*)

Baca juga: BMKG: jembatan Kayu Tanam amblas karena daya dukung lingkungan kurang

Baca juga: Jembatan Kayu Tanam dibangun awal 2019

Baca juga: Kemenpupera sementara bangun jembatan panel untuk kelancaran akses Padang-Bukittinggi

Baca juga: Polres Padang Pariaman sarankan truk lewat Solok bukan Malalak