Ini jumlah objek wisata di Geopark Sianok-Maninjau

id Geopark Maninjau-Sianok

Danau Maninjau di Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, merupakan destinasi wisata unggulan di daerah itu. (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau memiliki 34 titik tempat wisata untuk menarik pengunjung ke daerah itu.

"Ke 34 titik itu berada di Agam seperti Danau Maninjau, Tarusan Kamang, Air Terjun Siburai-burai dan lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Erniwati di Lubukabsung, Rabu.

Ia menjelaskan objek wisata itu memiliki pemandangan yang cukup bagus dan merupakan destinasi wisata unggulan di daerah itu.

Lokasi itu merupakan tujuan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Pemerintah setempat akan membuat rencana induk pengembangan objek wisata tersebut.

Rencana induk itu akan dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020, karena pada 2019 tidak bisa dianggarkan akibat kesalahan teknis.

"Ini langkah awal dalam mendukung geopark tersebut, sehingga pengembangan objek wisata akan terarah dan pemerintah pusat akan mendukung anggaran untuk pengembangan objek wisata itu," kata mantan Kepala Bappeda Agam itu.

Ia berharap wali nagari atau kepala desa adat di 34 titik tempat wisata untuk menganggarkan dana desa untuk pengembangan objek wisata tersebut.

Selain itu mengajukan proposal pembangunan objek wisata ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

"Nagari memiliki peluang untuk mengembangkan objek wisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Agam Indra Catri dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias telah menerima sertifikat pengakuan Geopark Nasional Ngarai Sianok-Maninjau dari Komite Nasional Geopark Indonesiadi di Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/12).

Dengan ditetapkan Ngarai Sianok-Maninjau menjadi geopark nasional maka jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat dari tahun sebelum khususnya wisatawan mancanegara.

Pada 2017 jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 653.108 orang, dengan wisatawan lokal sebanyak 633.353 orang dan wisatawan mancanegara 19.755 orang.

Sementara kunjungan wisatawan tahun 2016 hanya 519.232 orang, dengan 487.213 orang wisatawan lokal dan 32.019 orang wisatawan mancanegara.

"Pada tahun ini kami belum mendata jumlah kunjungan wisatawan," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar