Peringati HUT Sawahlunto, Pemkot gelar makan bajamba

id Makan bajamba,sawahlunto

Peringati HUT Sawahlunto, Pemkot gelar makan bajamba

Wali Kota Sawahlunto Deri Hasta bersama mantan Menteri PAN RB Asman Abnur menikmati hidangan dalam kegiatan makan bajamba yang menjadi acara puncak HUT ke-130 kota itu. (Antara Sumbar/Taufan Razzak)

Sawahlunto (Antaranews Sumbar) – Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar makan bajamba sebagai salah satu bentuk kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-130 kota itu.

Wali Kota Sawahlunto Deri Hasta di Sawahlunto, Minggu, mengatakan makan bajamba ini merupakan puncak kegiatan perayaan yang dilaksanakan di Lapangan Segitiga Ombilin Kota Sawahlunto.

Menurut dia ada yang berbeda dalam kegiatan makan bajamba ini karena seluruh masyarakat yang datang ikut terlibat untuk makan bersama. Pihaknya sampai menyembelih dua ekor sapi yang disiapkan untuk masyarakat.

Ia berharap dengan pelaksaanan kegiatan ini akan membuat jalinan rasa kekeluargaan antarmasyarakat semakin erat sehingga berdampak pada kemajuan Kota Sawahlunto.

Dirinya juga mengajak para perantau agar dapat terlibat dalam pembangunan yang dilaksanakan di kota yang berulang tahun setiap tanggal 1 Desember tersebut.

Meskipun dalam keterbatasan dirinya terus berupaya merealisasikan program yang berdampak langsung terhadap masyarakat seperti program bedah rumah, simulasi perumahan swadaya, pengolahan limbah komunal dan penataan kawasan kumuh.

Sementara untuk pengingkatan kemampuan dan keterampilan, pihaknya melalui Balai Latihan Kerja (BLK) mendidik masyarakat untuk menjadi montir sepeda motor, mobil dan sistem kelistrikan.

Kemudian di bidang perkebunan, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan bibit manggis dan pinang dan pemberian pupuk serta pemangkasan kakao.

"Semua program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Sawahlunto" kata dia.

Selain makan bajamba, perayaan HUT Sawahlunto juga digelar kegiatan budaya seperti Tabuik, Barongsai, Pagelaran Kuda Kepang dan lainnya.

Rangkaian perayaan HUT Kota Sawahlunto ini dilaksanakan sejak 7 November hingga 9 Desember 2018 dengan berbagai kegiatan. Selain dihadiri masyarakat sekitar kegiatan perayaan ini juga dihadiri para perantau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Sawahlunto Jakarta (Bakor IKSJ) dan tokoh nasional yakni Asman Abnur. (*)