Pemkab pertahankan tradisi makan bajamba pada setiap HUT Pasaman Barat

id Tradisi makan bajamba

Pemkab pertahankan tradisi makan bajamba pada setiap HUT Pasaman Barat

Tradisi makan bajamba tetap dipertahankan dalam pelaksanaan HUT Pasaman Barat ke-20 di Balerong Pusako Anak Nagari, Minggu (7/1/2023). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Tradisi makan bajamba atau makan dengan duduk bersama terus dipertahankan sebagai bentuk kebersamaan setiap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

"Makan bajamba ini tetap kita lestarikan, termasuk pada perayaan HUT ke-20 Pasaman Barat tahun 2024 ini di Balerong Pusako Anak Nagari," kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi di Simpang Empat, Minggu.

Makan bajamba itu dilaksanakan usai sidang paripurna HUT Pasaman Barat di DPRD setempat.

"Makan bajamba ini merupakan tradisi yang harus tetap dijaga karena merupakan makan bersama tanpa melihat status sosial," kata bupati.

Iring-iringan makan bajamba dimulai dari halaman kantor Bappelitbangda menuju kantor Bupati Pasaman Barat. Di sana, rombongan jamba yang dipimpin Ketua TP PKK Pasaman Barat Ny Titi Hamsuardi disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, Ketua GOW Ny Fitri Risnawanto, Forkopimda dan pihak terkait lainnya.

Rombongan kemudian menuju Balerong Pusako Anak Nagari yang berada di belakang rumah dinas bupati setempat sebagai tempat makan bajamba dihidangkan.

Makan bajamba dimulai dengan petatah petitih Minangkabau dan dilanjutkan dengan makan bersama. Salah satu tujuan makan bajamba atau makan duduk bersama itu adalah memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial.

Kegiatan dimulai dengan arakan menjunjung dulang oleh perwakilan masing masing organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan dan nagari dengan memakai baju kurung.

Ia menjelaskan, makan bajamba merupakan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minang dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

Saat makan bajamba semua orang akan duduk sama rendah untuk makan. Selain itu kegiatan ini dalam rangka melestarikan kebudayaan masyarakat dan memperkenalkan kepada generasi muda melalui kebersamaan.

Ia menyebutkan hidangan makan bajamba akan disiapkan oleh masing-masing OPD, bagian, kecamatan, nagari, dan BUMN untuk enam porsi.

Untuk menu hidangan akan disiapkan nasi, singgang ayam, rendang daging, gulai cubadak atau nangka, ikan goreng balado dan pergedel kentang.

Selain itu juga goreng ikan asin campur-campur, sayur hijau, buah jeruk dan pisang, kudapan kue bolu, agar-agar dan lainnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab pertahankan tradisi makan bajamba pada setiap HUT Pasaman Barat