Gusmal harapkan lomba SUPB terus berlanjut

id lomba Sekolah Umum Berbasis Pesantren,Gusmal

Bupati Solok, Gusmal saat menyalami siswa yang akan berlomba Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP). (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal mengharapkan lomba Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) tingkat SD dan SMP di daerah setempat dapat terus berlanjut untuk memotivasi siswa di sekolah tersebut.

"Saya minta kegiatan ini menjadi agenda rutin dinas pendidikan setiap tahunnya dan kalau bisa pada HUT Kabupaten Solok juga diadakan kegiatan seperti ini," kata dia di Arosuka, Senin.

Ia menjelaskan melalui program SUBP, siswa dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dari mata pelajaran yang mirip dengan pesantren.

"Dengan lomba ini para guru bisa melihat hasil dari program SUBP yang telah berjalan selama ini di sekolahnya, dan mengevaluasi materi di sekolah untuk mencapai SUBP secara maksimal," katanya.

Siswa-siswa diharapkan menampilkan pengetahuan dan keterampilan terbaik yang dimiliki sehingga dapat memgembangkan SUBP dengan lebih baik.

Bupati Solok juga mengucapkan kepada SD se Kecamatan Kubung yang telah diluncurkan menjadi sekolah umum berbasis pesantren.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok, Zulkisar mengatakan tujuan lomba SUBP ini untuk mendorong meningkatnya pengetahuan dan pemahaman Al-Quran khususnya di sekolah.

Ia menyebutkan peserta berasal dari siswa SD dan SMP SUBP se Kabupaten Solok, kegiatan ini akan berlangsung dari 19 sampai 24 November 2018.

Lomba dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan, Mushalla Komplek Perkantoran Arosuka dan Aula Solok nan indah.

Cabang yang dilombakan di tingkat SD yaitu lomba Tahfiz, sholat jenazah dan Musabaqoh Syahr Al Quran (MSQ) untuk tingkat SMP cabang yang dilombakan, Tahfiz, MSQ dan Khotbah Jumat.

"Kami berharap jangan sebagian perlombaan saja yang diikuti tetapi menjadi barometer kegiatan pembelajaran Al-Quran di sekolah," ujarnya.

Acara juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Zulkisar, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Feris novel, Ketua PGRI Asrinur, dan Kepala OPD lingkup pemerintah setempat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar