Agam siapkan sembilan puskesmas selama TdS

id TdS Agam

Agam siapkan sembilan puskesmas selama TdS

ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/14

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyiapkan sembilan unit Puskesmas selama pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2018 untuk memberikan pertolongan kepada warga dan pebalap apabila terjadi kecelakaan saat pelaksanaan event tahunan itu.

"Kami juga menyiapkan mobil ambulans setiap Puskesmas, tenaga medis dan lainnya," kata Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto di Lubukbasung, Selasa.

Puskesmas itu yakni, Puskesmas Tiku, Puskesmas Manggopoh, Puskesmas Lubukbasung, Puskesmas Balai Ahad, Puskesmas Matur.

Lalu Puskesmas Maninjau, Puskesmas Biaro, Puskesmas Baso dan Puskesmas Palupuh.

"Tenaga medis akan memberikan pertolongan kepada warga dan pebalap apabila terjadi kecelakaan saat pelaksanaan TdS itu," katanya.

Puskesmas tersebut masuk pada etape satu dari Kota Bukittinggi menuju Sijunjung melalui Kecamatan Ampekangkek dan Baso pada Minggu (4/11), etape empat dari Kota Padang menuju Ambun Pagi, Agam melalui Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung, Tanjungraya dan Matur pada Rabu (7/11).

Lalu etape lima dari Kabupaten Limapuluh Kota menuju Pasaman dengan melalui Kecamatan Baso, Ampeknagari, Tilatangkamang dan Palupuah pada Kamis (8/11).

"Delapan kecamatan akan dilewati peserta TdS 2018," katanya.

Selain menyiapkan Puskesmas, tambahnya, Pemkab Agam juga menyiapkan alat berat dan petugas Satuan Tugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat di sepanjang Kelok 44.

Ini mengingat bahwa sepanjang Kelok 44 merupakan daerah rawan tanah longsor dan pohon tumbang melanda daerah itu.

"Kelok satu sampai Kelok 44 merupakan daerah rawan tanah longsor," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Ernawati menambahkan, penyerahan hadiah untuk juara etape empat di Ambun Pagi akan dihibur dengan kesenian tradisional Minangkabau.

Pada etape empat nanti, raja tanjakan akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan.

"Penyambutan pebalap di lokasi finis pada etape empat ini hampir sama dengan penyambutan TdS tahun lalu," katanya.

Pertemuan itu turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Agam, Yosefriawan, Kepala Satpol PP Damkar Agam, Dandi Pribadi, Sekretaris BPBD Agam, Nelfendri dan Kabag Humas Sekda Agam, Helton. (*)